Berlin (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel, menjelang kunjungan ke sejumlah negara Arab pada Senin, menyerukan dialog serius untuk mengakhiri krisis menyusul blokade terhadap Qatar oleh negara-negara tetangganya.

"Dalam beberapa pekan terakhir, negara-negara bersahabat dan bertetangga di Semenanjung Arab terlibat konflik yang memicu kekhawatiran," ujar Gabriel, sebagaimana dilansir AFP.

"Kami khawatir rasa tidak percaya dan perpecahan dapat memperlemah semua pihak terkait serta seluruh semenanjung," ujar Gabriel, yang akan mengunjungi Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Qatar.

Gabriel menyerukan "dialog serius antarpihak" guna mengatasi krisis, seraya mengatakan meski Berlin "tidak memihak, konflik ini… berdampak terhadap kami dan kepentingan kami."

"Memang benar kita harus berjuang melawang ISIS, tetapi juga harus berjuang demi stabilitas kawasan yang selama ini dilanda krisis, ketegangan dan perang."

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir mengumumkan pada 5 Juni silam bahwa mereka memutus hubungan diplomatik dengan Qatar sehingga menyulut krisis diplomatik terparah di kawasan dalam beberapa dekade terakhir.

Mereka menuding Doha mendukung ekstremisme dan memiliki hubungan terlalu erat dengan Iran, tetapi Qatar membantah keras tudingan tersebut, demikian seperti dikutip dari laporan AFP.  (ab/)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017