Alhamdulillah kalau dilihat dari catatan kami paling tinggi di hari kemarin `H+6`
Jakarta (ANTARA News) - General Manager Bandara Halim Perdana Kusuma Kolonel Abdul Rasyid menyatakan puncak arus balik di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta telah terjadi pada "H+6" Lebaran atau pada Minggu (2/7).

"Kemarin puncaknya sudah terlewati. Alhamdulillah kalau dilihat dari catatan kami paling tinggi di hari kemarin H+6," kata Abdul Rasyid saat ditemui di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin.

Menurut dia, tercatat pada "H+6" Lebaran 2017 pemudik yang datang di Bandara Halim Perdana Kusuma mencapai sekitar 12 ribu penumpang.

"Sekitar 12 ribu penumpang, banyak yang datang dari pada yang berangkat. Jadi untuk total yang datang dan berangkat dari Halim pada H+6 ada 22 ribu penumpang," tutur Abdul Rasyid.

Ada pun, kata dia, kebanyakan penumpang yang tiba pada "H+1" hingga "H+6" di Bandara Halim Perdana Kusuma berasal dari Bandara Juanda, Bandara Adi Soemarmo, Bandara Adi Sutjipto, dan Bandara Kualanamu.

"Kedatangan penumpang dari Surabaya, Solo, Yogyakarta, dan Medan ke sini cukup tinggi," ucap Abdul Rasyid.

Ia pun memastikan pengamanan di Bandara Halim Perdana Kusuma tetap dilakukan sesuai dengan standar keamanan yang telah ada meskipun beberapa hari lalu telah terjadi peristiwa penusukan anggota Polri di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Kami kan keamanan sudah standar di sini. Tetapi dengan kondisi itu kami tetap buat suatu koordinasi keamanan agar lebih waspada khususnya yang terkait dengan pelayanan umum, kami harus tetap menjaga bahwa pelayanan umum itu diutamakan," ujarnya.

Selain itu, kata dia, Posko Terpadu Lebaran yang disediakan sejak "H-10" Lebaran di dekat Terminal Keberangkatan Bandara Halim Perdana Kusuma akan beroperasi sampai Senin (3/7).

"Sudah selesai sampai H+7, hari ini selesai. Besok sudah normal tetapi kami tetap berikan pelayanan seperti biasa," imbuhnya.

Berdasarkan data Laporan Harian Jumlah Pesawat dan Penumpang Domestik yang tertera di Posko Terpadu Lebaran Bandara Halim Perdana Kusuma, tercatat pada "H+6" jumlah penumpang yang tiba sebanyak 11.479 orang dari 72 penerbangan terjadwal.

Selain itu, pada "H+6" terdapat extra flight menggunakan delapan pesawat dengan total 1.060 penumpang yang tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma.

Sebagai perbandingan, untuk "H+6" Lebaran 2016 tercatat 9.850 penumpang yang tiba di Bandara Halim Perdana Kusma dari 62 penerbangan terjadwal dan tidak ada extra flight.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017