Arus balik ramai hingga DPR apresiasi Polri tekan kecelakaan mudik

Arus balik ramai hingga DPR apresiasi Polri tekan kecelakaan mudik

ILUSTRASI- Arus Balik Mudik dengan Kereta Api. (ANTARANews/Ferliansyah)

Jakarta (ANTARA News) - Stasiun Senen pada Senin (3/7) kemarin masih dipadati penumpang arus balik, DPR mengapresiasi kinerja instansi gabungan menekan kecelakaan mudik, hingga jumlah pemudik dari Sumatera yang kembali ke Jawa melalui Merak masih 69 persen, menjadi topik pemberitaan mudik kemarin.

1. 24.000 penumpang tiba di Stasiun Pasar Senen pada H+7


Tujuh hari setelah Lebaran 1438 Hijriah, Stasiun Pasar Senen di Jakarta pusat masih dipadati penumpang yang tiba dari berbagai daerah di Jawa.

"Hingga H+7 ini jumlah penumpang yang tiba di Stasiun Pasar Senen masih padat. Jumlahnya mencapai 24.346 penumpang," kata Senior Manager Humas PT KAI Daop I Jakarta, Suprapto, di Jakarta, Senin.

Kepadatan jumlah penumpang pada arus balik Lebaran ini, lanjut Suprapto, masih akan terus terjadi pada H+13 Lebaran. Baca selengkapnya di sini

2. DPR apresiasi Polri tekan kecelakaan saat mudik


etua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis mengapresiasi kinerja Polri dan petugas gabungan lainnya lantaran mampu menekan jumlah kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran 2017.

"Pemerintah telah melakukan terobosan untuk penyelenggaraan arus mudik dan arus balik Lebaran 2017 agar mengurangi jumlah korban kecelakaan dan kemacetan," kata Fary di Jakarta Senin.

Fary mencontohkan jumlah kecelakaan lalu lintas pada H+2 pada 2017 menurunkan 14 persen dibanding periode sama pada 2016 atau dari 1.515 kejadian menjadi 1.299 kecelakaan.

Baca di sini

3. Polda Metro nilai arus mudik 2017 lebih baik

Pihak Polda Metro Jaya menilai arus mudik dan balik Lebaran 2017 secara umum lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

"Kita sudah menempatkan personil di lapangan sehingga bisa mengakses semuanya untuk melayani masyarakat," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta Senin.

Selain mengoptimalkan peran petugas, Argo mengatakan kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran 2017 lantaran keikutsertaan masyarakat menjaga keamanan. Baca selengkapnya di sini.

4. Pemudik Sumatera kembali ke Jawa mencapai 653.371 orang

Pemudik Lebaran 2017 dari Pulau Sumatera kembali ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak, Banten, hingga Senin mencapai 653.466 orang atau 69 persen dari 943.371 orang.

"Penyeberangan berjalan lancar meski ramai penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Mario S Oetomo di Merak, Senin.

Jumlah penumpang lebaran yang belum pulang ke Pulau Jawa sebanyak 289.905 orang itu dengan alasan masih liburan sekolah. Baca selengkapnya di sini.

5. Pemudik lebih pilih BBM nonsubsidi

PT Pertamina (Persero) menyatakan selama arus mudik hingga arus balik, konsumen (pemudik) lebih memilih menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi.

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito melalui keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Senin, pada mudik tahun ini animo konsumen terhadap BBM dengan oktan lebih tinggi semakin meningkat. Data Satgas BBM Mudik 2017 per 2 Juli 2017 menunjukkan kenaikan signifikan pada seluruh varian BBM nonsubsidi.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar