Jayapura (ANTARA News) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif Mekanis 512/QY di Pos Ubrub melaksanakan pengecekan kesehatan warga, serta memberikan pengobatan kepada anak-anak dan masyarakat di Kampung Web, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, Selasa.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Budi Handoko ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Selasa malam, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pos Ubrub itu dipimpin langsung oleh bintara kesehatan Serma Seno dan melaksanakan pengecekan dari rumah ke rumah di Kampung Ubrub.

"Kami berharap kegiatan itu sangat membantu masyarakat karena minimnya pelayanan kesehatan di Kampung Ubrub dan jauhnya kampung tersebut dari tempat pelayanan kesehatan terdekat," katanya.

Pada kesempatan itu, Serma Seno juga memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat yang ada di Kampung Ubrub, Distrik Web serta memberikan tata cara pola hidup yang bersih dan sehat, serta tindakan pertama apabila terjadi kecelakaan.

"Serma Seno juga menyampaikan bahwa personel Pos Ubrub selalu siap untuk membantu apabila sewaktu-waktu ada masyarakat yang berobat. Kegiatan patroli kesehatan ini akan dilaksanakan terus menerus secara berkala dengan melaksanakan pendataan dan pemberian obat kepada masyarakat yang sakit sebagai bentuk membantu masyarakat dan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat," kata Budi.

Secara terpisah, Kepala Kampung Urub Eltinus menyampaikan bahwa warga di kampungnya berterima kasih atas kegiatan pengecekan dan pengobatan oleh anggota Satgas Pamtas Yonif Mekanis 512/QY.

"Di Kampung Ubrub banyak terdapat anak-anak dan balita yang perlu mendapat perhatian kesehatan yang lebih karena rentan terhadap serangan penyakit, tapi rupanya hal ini langsung ditanggapi oleh Yonif Mekanis 512/QY sebagai satgas pamtas," katanya.

(T.KR-ARG/M029)

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017