London (ANTARA News) - Dubes RI Dr. Darmansjah Djumala menyerahkan letter of credentials (surat kepercayaan) kepada Presiden Austria, Dr. Alexander Van der Bellen, menandai dimulainya aktivitas sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Austria,di Istana Presiden Hofburg Imperial Palace, Austria, Selasa waktu setempat

Selain Austria, Dubes Djumala juga merangkap sebagai Dubes untuk Republik Slovenia dan Wakil Tetap RI untuk PBB dan organisasi internasional lainnya di Wina (IAEA, UNIDO, CTBTO dan OPEC Fund), demikian keterangan KBRI Austria yang diterima Antara London, Rabu.

Dalam kesempatan penyerahan Surat-surat Kepercayaan, Presiden Van der Bellen, yang baru dilantik sebagai Presiden Austria Januari lalu, menerima Dubes untuk pertemuan bilateral dan membahas sejumlah isu penting terkait politik, ekonomi, peluang investasi dan perdagangan, dialog antar agama dan keamanan regional.

Presiden Van der Bellen menyampaikan salam hangatnya kepada Presiden RI dan mendukung sepenuhnya keinginan Dubes meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Austria. Ia menyampaikan kekagumannya atas keberhasilan pembangunan Indonesia, khususnya dengan partisipasi di beberapa perusahaan terkemuka Austria seperti Waagner Biro pembangunan jembatan, Andritz Hydro hydropower dan Lenzing AG pabrik tekstil.

Diharapkan dengan dorongan Presiden Van der Bellen, dunia usaha Austria dapat terus meningkatkan investasinya di bidang-bidang tersebut di Indonesia. Terkait kerjasama Interfaith Dialogue, Dubes menyampaikan Interfaith Dialogue antara Indonesia dan Austria merupakan salah satu contoh sukses, terbukti dengan diadakannya lima kali pertemuan sejak tahun 2009.

Dengan penduduk Muslim terbesar di dunia Indonesia berkepentingan untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan berbagai pemeluk kepercayaan di Indonesia, guna menjaga kestabilan kondisi politik domestik. Kedua pihak sepakat dialog antar agama perlu ditingkatkan.

Dubes Djumala sebelumnya menjabat Sekretaris Presiden/Kepala Sekretariat Presiden RI pada periode 2015 - 2017. Pria kelahiran Palembang, 29 November 1958 ini mengawali karirnya di Kementerian Luar Negeri tahun 1984 menjalani penugasan antara lain di KBRI Tokyo, PTRI Jenewa, KJRI New York, PTRI New York dan sebagai Deputy Chief of Mission pada KBRI/PRIME Brussel.

Setelah menjabat sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Luar Negeri, tahun 2010 Dr. Darmansjah Dumala dilantik sebagai Dubes RI untuk Polandia, dan kemudian diangkat sebagai Kepala Badan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Kementerian Luar Negeri.

Peraih gelar Doktor di Universitas Padjajaran tersebut dikenal aktif menuangkan buah pikirannya melalui artikel di berbagai media massa. Salah satu gagasan penting adalah perlunya membumikan diplomasi dan politik luar negeri.

Dalam konteks bilateral, Dubes Djumala akan mengoptimalkan kerja sama bilateral Indonesia-Austria untuk mendorong kemajuan industri nasional Indonesia, khususnya pemanfaatan perjanjian FLEGT-VPA oleh kalangan dunia industri kayu nasional dalam rangka meningkatkan nilai ekspor produk kayu Indonesia ke Austria.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017