London (ANTARA News) - Maestro Piano Indonesia Dwiki Dharmawan berkolaborasi dengan maestro alat tiup berkaliber dunia asal Inggris, Gilad Atzmon dan musisi kenamaan alat petik dari Jordania, Kamal Mussalam tampil memukau di Vortex Jazz Club, di salah satu sudut kota London, Selasa malam.

"Tanpa basa basi, ketiga musisi dunia tersebut yang diperkuat dengan Asaf Sirkis pada perkusi langsung menghipnotis pecinta jazz dengan tembang pembuka yang memadukan nada-nada berirama gamelan, Andalusian dan Timur Tengah yang menjelma menjadi harmonisasi musik yang romantis dan dinamis," kata Minister Counsellor KBRI London, Thomas Siregar kepada Antara London, Rabu.

Rasa penasaran penonton semakin tertantang pada saat Dwiki Dharmawan menampilkan sajian tembang asal Jawa Barat Bubuy Bulan yang dimainkan bersama Gilad Atzmon dengan begitu solid dan puitis.

Suasana bumi Parahyangan sesaat serasa hadir di tengah ruang klab jazz tersebut, diselingi nada saxophone Gilad yang lincah memunculkan musik rakyat yang inovatif dan kreatif bertransformasi dari pakem-pakem standard yang melingkupinya.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia, Dr Rizal Sukma bersama Ibu Hana A. Satriyo yang turut menyaksikan penampilan Dwiki mengungkapkan kekagumannya dengan kemampuan ketiga musisi dunia tersebut menampilkan musik jazz yang berbeda dari biasanya.

Ketiga musisi itu memasukkan elemen musik dari asal negara masing-masing sehingga kolaborasi tercipta sangat harmonis dan inspiratif.

Sementara itu, Dwiki Dharmawan menjelaskan, penampilan World Peace Trio di Vortex Jazz Club merupakan rangkaian pembuka dari "World Peace Trio, European Summer Tour 2017" yang berlangsung hingga 16 Juli 2017.

Selanjutnya, pada Kamis (5/7), World Peace Trio menghibur pecinta jazz di Ropetackle Art Centre, London, bertolak ke Wina, Austria memeriahkan JazzFestWien 2017.

Dwiki menambahkan, sambil menunggu peluncuran album perdana World Peace Trio, ia akan berkunjung ke beberapa kota di Eropa, di antaranya Zagreb, Kroasia dan Lubljana, Slovenia, untuk memberikan workshop musik pada institusi setempat.

KBRI London mengapresiasi kehadiran maestro musik jazz Indonesia Dwiki Dharmawan yang tergabung dalam World Peace Trio di London dalam Europe Summer Tour 2017.

Melalui penampilannya, diharapkan Indonesia semakin dikenal tidak hanya melalui seni musik tradisional namun juga karena memiliki musisi kontemporer berkualitas dunia.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017