Jakarta (ANTARA News) - Kaspersky Lab memperkenalkan solusi terbaru bagi pengguna perangkat Android - Battery Life.

Aplikasi gratis tersebut dirancang untuk menyelamatkan pengguna Android dari situasi tidak menyenangkan yaitu ketika baterai ponsel mulai melemah di saat yang paling tidak tepat.

"Pendekatan kami demi melindungi pengguna mencakup mengurangi risiko digital seminimal mungkin di semua lini, tidak hanya di bidang ancaman siber. Battery Life membantu pengguna untuk tetap terhubung," kata Elena Kharchenko, Head of Consumer Product Management Kaspersky Lab, dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA News, Rabu.

Solusi milik Kaspersky Lab tersebut menganalisa semua aplikasi pada perangkat milik pengguna dan mengidentifikasi mana saja yang mengkonsumsi daya paling banyak. Hal ini dinilai penting, mengingat 96 persen aplikasi di perangkat Android berjalan di latar belakang, bahkan jika pengguna belum meluncurkannya.

Battery Life dapat menghentikan aplikasi "penyedot daya" ini sehingga memperpanjang masa pakai baterai dari perangkat. Battery Life juga akan menunjukkan kepada pengguna pesan mendesak jika ada aplikasi yang mulai menggunakan lebih banyak daya daripada biasanya.

Fitur lain dari Battery Life adalah kemampuannya untuk menghitung waktu yang tersisa sebelum baterai ponsel benar-benar melemah.

Informasi ini memberi pengguna kesempatan untuk segera menemukan cara untuk mengisi daya ponsel mereka. Begitu pula saat pengisian daya, Battery Life menghitung waktu yang tersisa sampai baterai penuh.

Kaspersky Battery Life hanya membutuhkan 15 MB dan berjalan di platform Android 4.1 - 6.0.1.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017