Jakarta (ANTARA News) - Bank Syariah Mandiri (BSM) menandatangani akad pembiayaan line facility dengan PT Federal International Finance (FIFGroup) untuk penambahan fasilitas pembiayaan modal kerja senilai Rp500 miliar.

Kerja sama itu ditandatangani oleh Regional Wholesale Banking BSM Jajang Abdul Karim, Presiden Direktur FIFGroup Margono Tanuwijaya, dan Direktur Keuangan FIFGroup Hendry Christian Wong, serta disaksikan Direktur Wholesale Banking BSM Kusman Yandi.

Pembiayaan antara BSM dan FIFGroup ini menggunakan akad mudharabah line facility dengan tenor maksimal tiga tahun.

FIFGroup akan menggunakan pembiayaan ini untuk modal kerja pembiayaan sepeda motor baru dan bekas merk Honda berbasis syariah melalui brand AMITRA, kata FIFGroup dalam siaran persnya, Senin.

Direktur Wholesale Banking BSM Kusman Yandi mengatakan penambahan pembiayaan ini disepakati karena tingginya potensi pembiayaan kendaraan roda dua di FIFGroup.

Sebelumnya, BSM juga telah membiayai FIFGroup sebesar Rp500 miliar. “Alhamdulillah kerja sama ini sangat baik dan menguntungkan kedua pihak.’’

Lebih lanjut Kusman Yandi mengungkap selain modal kerja, BSM berharap bisa masuk ke pembiayaan segmen ritel. “Karyawan FIFGroup dan lebih jauh Group ASTRA bisa menggunakan jasa dan layanan perbankan syariah dari BSM seperti gadai dan cicil emas,” katanya.

Sementara Presiden Direktur FIFGroup Margono Tanuwijaya mengaku bahwa perusahaannya memang sedang menaruh perhatian khusus pada pengembangan bisnis berbasis syariah

“Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, FIFGroup kemudian mengembangkan serta memperkuat pembiayaan berbasis syariah yang dimilikinya. Apalagi hal ini juga selaras dengan himbauan OJK mengenai pengembangan pembiayaan syariah guna meningkatkan potensi niche market syariah di Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Keuangan FIFGroup Hendry Christian Wong juga menyatakan kerja sama dengan BSM didasari oleh kesamaan misi untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

FIFGroup merupakan anak perusahaan ASTRA yang bergerak di bidang pembiayaan dengan empat brand bisnis, yaitu FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, dan AMITRA.

Sampai saat ini, FIFGroup memiliki 194 kantor cabang dan 416 Point of Services yang bekerjasama dengan 1.700 dealer sepeda motor Honda.

Selain itu, saat ini AMITRA juga sedang menyelenggarakan program undian AMITRA Berbagi Berkah. AMITRA Berbagi Berkah merupakan program undian selama periode Juni-November 2017 untuk para konsumen AMITRA di seluruh penjuru tanah air yang mengajukan pembiayaan.

Setiap pengajuan 1 paket Haji/Umroh konsumen akan mendapatkan 1 kupon undian per kelipatan Rp5 juta. Bagi masyarakat yang mengajukan aplikasi FIFGroup Mobile Customer, sebuah aplikasi yang disiapkan oleh FIFGroup untuk memberikan berbagai manfaat serta kemudahan bagi para konsumennya, juga akan mendapatkan tambahan 2 kupon undian.

Sedangkan via mentimun, sebuah online marketplace hasil kerja sama antara FIFGroup dengan mitranya, akan memperoleh tambahan 2 kupon undian.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017