Samosir dilanda gempa 5,2 SR

Samosir dilanda gempa 5,2 SR

Ilustrasi

Medan (ANTARA News) - Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,2 skala richter melanda Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Selasa, pukul 08.24 WIB.

Kabid Data dan Informasi BMKH Wilayah 1 Medan Syahnan di Medan, mengatakan, pusat gempa berada pada koordinat 2,67 derajat lintang utara dan 98,85 derajat bujur timur.

Sedangkan lokasi berada di darat pada jarak 8 KM arah timur laut Samosir pada kedalaman hiposenter 152 KM.

Dampak gempa bumi yang didasarkan pada peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG menunjukkan bahwa wilayah berpotensi terdampak goyangan lemah antara lain di Pematang Siantar, Parapat, Medan, Sidikalang, dan Sibolga pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II MMI.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut disebabkan aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia dengan hiposenter 152 KM.

Disebabkan hiposenternya berada di kedalaman 152 KM, gempa tersebut disebut sebagai gempa bumi menengah yang tidak berpotensi menimbulkan kerusakan.

Dari hasil monitoring, BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Warga Sumatera Utara dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

BPBD Pandeglang imbau warga tak panik soal informasi gempa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar