Maumere, NTT (ANTARA News) - Pebalap dari tim Terengganu Cycling Team Malaysia Drew Morey mengawali lomba balap sepeda internasional Tour de Flores dengan merebut etape pertama dari Larantuka (Kabupaten Flores Timur) ke Maumere (Kabupaten Sikka), Nusa Tenggara Timur, Jumat.

Pada etape pertama sejauh 136,3 kilometer, Morey yang merupakan pebalap berkebangsaan Australia tersebut mencatat waktu tiga jam 28 menit 02 detik.

Ia mengalahkan saingan terdekatnya, Jamal Hibatullah dari tim KFC Cycling Indonesia yang harus puas di tempat kedua, selisih dua detik di belakang Morey.

Jamal sendiri pada etape pertama itu dinobatkan sebagai pebalap terbaik untuk kelompok Asia dan ASEAN.

Urutan ketiga ditempat Genki Yamamoto dari Kinan Cycling Team Jepang.

Ribuan warga termasuk Wakil Bupati Sikka, Paolus Nong Susar, menyambut para pebalap di sekitar garis finis etape pertama di depan kantor Bupati Sikka di Maumere.

Sementara itu, sepanjang jalan dari Larantuka ke Maumere, pada titik-titik tertentu banyak warga yang berjejer di pinggir jalan sejak pagi hari untuk menyaksikan para pebalap melintas.

Pada lomba etape pertama, untuk gelar "King of Muontain" diraih Wu Chih Hao dari Action Cycling Team (Taiwan), kemudian "Best Sprinter" direbut Hyeongmin Choe dari Geumsan Insam Cello (Korsel), sedangkan untuk kategori tim dimenangi KFC Cycling Team Indonesia.

Etape Larantuka-Maumere yang diikuti 83 pebalap, didominasi oleh kondisi jalan yang menanjak dan menurun, serta banyak kelokan tajam. Jalur pun mendatar saat menjelang Kota Maumere.

Setelah sebagian besar peserta berada dalam peleton, di 25 kilometer terakhir sebanyak 11 pebalap mulai melepaskan diri, termasuk Drew Morey dan Jamal Hibatullah.

Keduanya saling bersaing ketat, namun menjelang garis finis Morey berhasil melesat meninggalkan Jamal.

Pada etape kedua, Sabtu, para peserta akan menembuh jarak 142,8 kilometer dari Maumere ke Ende.

Berikut hasil etape 1 Tour de Flores 2017, Jumat:

1. Drew Morey, Terengganu Cycling Team 3:28:02

2. Jamal Hibatullah, KFC Cycling Team +00:02

3. Genki Yamamoto, Kinan Cycling Team +00:10

4. Sanghong Park, LX Cycling Team +00:10

5. Hyosuk Gong, Terengganu Cycling Team +00:10

6. Arvin Moazamigodarzi, Pishgaman Cycling +00:10

7. Muhammad Abdurrohman, KFC Cycling Team +00:29

8. Nick Miller, Futuro Pro Cycling Team +00:44

9. Muhammad Imam Arifin, KFC Cycling Team +01:11

10. Amir Kolahdouzhagi, Pishgaman Cycling Team +01:11

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017