Bengkulu (ANTARA News) - Mantan perenang nasional Richard Sambera, juara wanita Sungailiat Triathlon 2017 Sarah Virginia Costeira dan sejumlah atlet asing akan ikut meramaikan Bengkulu Triathlon 2017 pada 22 Juli.

Ketua Panitia Bengkulu Triatlon 2017 Fajar Rusdianto di Bengkulu, Sabtu, berharap kehadiran Richard Sambera dan Costeira diharapkan bisa menarik minat peserta dan masyarakat ke lomba multicabang itu.

Peserta lainnya juga diharapkan lebih bersemangat untuk bertanding di ajang yang memperebutkan total hadiah hampir mencapai Rp200 juta itu.

Richard Sambera adalah perenang andalan Indonesia yang berjaya tahun 1980-an hingga awal 2000-an. Perenang yang sekarang berusia 46 tahun itu kerap kali meraih medali di tingkat Asia maupun level internasional.

"Dia sekarang menjadi atlet triathlon dan masih sangat disegani lawan," kata Fajar, yang juga Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu.

Sementara Sarah Virginia Costeira adalah atlet asal Perancis. Perempuan keturunan Portugal berusia 26 tahun itu menjuarai Sungailiat Triathlon pada April.

Selain Richard Sambera dan Sarah Costeira, ada enam atlet asing yang akan berlaga di lomba tersebut, antara lain berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Turki dan Jerman.

"Kita juga menunggu konfirmasi publik figur lainnya, yakni Farhan, yang saat ini juga kerap ikut triathlon," kata Fajar.

Triathlon yang berlangsung pertama kali di Provinsi Bengkulu akan meliputi jarak 1,5 km untuk cabang renang, 40 km untuk balap sepeda, serta 10 km untuk marathon.

Sebagian besar kegiatan akan berlangsung di tengah Kota Bengkulu, melintasi sejumlah obyek wisata termasuk Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Soekarno, Pantai Panjang dan Rumah Ibu Fatmawati.

Lomba itu juga ditujukan untuk memperkenalkan potensi wisata Provinsi Bengkulu ke dunia internasional.

"Kita tidak ingin Bengkulu dikenal dari sisi negatif terus. Saatnya kita bangkit, dimulai dari Bengkulu Triathlon 2017," kata Fajar.

Pewarta: Riski Maruto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017