Biak (ANTARA News) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyiapkan paket berkunjung ke berbagai objek wisata di pulau-pulau kecil wilayah Distrik Padaido dan Aimando mulai Agustus 2017.

"Kami sudah mengandeng masyarakat adat pemilik perahu jhonson untuk mengantar wisatawan mengunjungi pulau-pulau kecil guna menikmati keindahan alam kepulauan Biak," ungkap Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Biak Turbey Onny Dangeubun di Biak, Rabu.

Turbey mengakui keterlibatan masyarakat pemilik perahu angkutan jhonson dalam mendukung program kunjungan destinasi wisata ke pulau-pulau Biak patut diberikan apresiasi karena sangat membantu pemerintah dalam menjual potensi objek wisata.

Untuk program destinasi wisata pulau-pulau kecil di Distrik Padaido dan Aimando, menurut Turbey, sudah mendapat respon positif dari berbagai pelaku usaha pariwisata.

"Kami berharap adanya kesiapan sarana transportasi angkutan laut di distrik Padaido dan Aimando yang disediakan masyarakat pemilik perahu jhoson akan membantu pemerintah dalam mempromosikan potensi wisata bahari dimiliki Kabupaten Biak Numfor," katanya.

Turbey mengakui berbagai wilayah pulau-pulau kecil Distrik Padaido dan Aimando menyimpan beragam wisata bahari yang sangat menarik dan alami sehingga menjadi potensi untuk menarik minat kunjugan wisatawan ke wilayah itu.

Salah satu pulau yang menjadi daya tarik kunjungan wisatawan, lanjut Turbey, yakni Pulau Kuri yang dikenal sangat indah dan memiliki potensi wisata laut yang masih alami.

"Setiap bulan lokasi Pulau Kuri menjadi tempat favorit untuk dikunjungi wisatawan karena keindahan potensi wisata bahari," ujarnya.

Distrik Padaido dan Aimando merupakan kawasan wisata taman laut Kepulauan Padaido yang terdiri 24 pulau-pulau kecil dikenal menyimpan beragam potensi wisata bahari dan sisa peninggalan perang dunia II yang sangat menjanjikan.

(Baca: 112 kampung Biak Numfor terapkan sanitasi berbasis total masyarakat)

Pewarta: Muhsidin
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017