Hanya ada dua kecamatan di Sampang yang masyarakat tidak pernah mengeluhkan mengalami kelangkaan air bersih saat kemarau, yakni Kecamatan Omben dan Kecamatan Camplong
Sampang (ANTARA News) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Sampang Wisnu Hartono menyatakan sebanyak 46 dari total 180 desa rawan kekeringan dan kekurangan air bersih saat kemarau di wilayah itu.

"Desa rawan kekeringan ini, tersebar pada 12 kecamatan di Kabupaten Sampang," ujar Wisnu Hartono di Sampang, Madura, Jawa Timur, Kamis.

Wisnu mengemukakan hal ini sesuai hasil pendataan yang dilakukan petugas teknis lapangan dari institusi itu sekaligus untuk mengantisipasi kelangkaan air bersih selama kemarau tahun ini.

"Hanya ada dua kecamatan di Sampang yang masyarakat tidak pernah mengeluhkan mengalami kelangkaan air bersih saat kemarau, yakni Kecamatan Omben dan Kecamatan Camplong," katanya.

Sedangkan pada 12 kecamatan lain, selalu mengeluhkan terjadi kelangkaan air bersih saat kemarau.

Sesuai prakiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surabaya puncak musim kemarau akan dimulai dari Agustus sampai September 2017.

"Juli ini sebenarnya sudah masuk kemarau, akan tetapi potensi hujan masih diperkirakan tetap terjadi, dengan intensitas ringan hingga sedang," kata Wisnu.

Sementara, guna mengantisipasi bencana kekeringan dan kelangkaan air bersih, Kepala BPBD menyatakan telah meminta masing-masing camat untuk melakukan deteksi dini, dengan melakukan pendataan secara faktual mengenai jumlah desa, dan dusun yang berpotensi rawan kekeringan dan mengalami kelangkaan air bersih saat kemarau.

"Kami juga telah mengirim surat ke masing-masing camat pada 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Sampang ini," ucap Wisno.

Ia lebih lanjut menjelaskan, Pemkab Sampang juga akan menyiapkan anggaran melalui dana tanggap darurat untuk menyediakan kebutuhan air bersih bagi desa-desa yang nantinya mengalami kekeringan.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017