Jakarta (ANTARA News) - Menyambut 18 tahun eksistensi dalam industri digital Indonesia, Kaskus mengembangkan berbagai inovasi dan teknologi.

"Kami berusaha menyesuaikan tren dan teknologi terbaru untuk mengejar pengguna internet baru," kata Chief Marketing Officer Kaskus Ronny W. Sugiadha di Jakarta, Kamis.

Oleh karena itu, Kaskus menghadirkan lounge video, forum image, juga Kaskus Social TV yang bisa memberikan pengalaman baru bagi Kaskuser (sebutan pengguna Kaskus).

"Karena berdasarkan survei, milenial lebih suka dengan tampilan imej dan video," ujar Ronny.

Selain itu, Kaskus juga memiliki fitur KasAds yang dihadirkan untuk mendukung para pelaku UMKM dan seller yang berjualan di Kaskus mempromosikn produk jualannya dengan harga terjangkau mulai Rp10.000.

"Sudah kita perbarui tahun ini yang mana spesifik UKM yang budget terbatas bisa pasang iklan di Kaskus dengan sendirinya tanpa perlu memberi tahu kami, langsung bayar," kata Ronny.

Teknologi memiliki peran penting bagi Kaskus. Untuk itu, Kaskus mengimplementasikan teknologi Machine Learning dengan menggandeng komunitas Inonesian Association for Computational Linguistics (INACL).

"Sejak dua tahun lalu kami merambah machine learning, part of artificial intelligence (kecerdasan buatan)," kata Ardy Alam, Chief Product Officer Kaskus.

Ronny menjelaskan bahwa machine learning dapat mendeteksi sebelum menjadi viral, selain dapat menaikkan 10 persen trafik hot threads.

"Kami maunya bergerak ke arah machine learning, artificial intelligence, dan VR, konten video untuk dipakai di perangkat VR," ujar Ronny.

Selain teknologi, Kaskus juga fokus pada konten. Kaskus telah bekerja sama dengan beberapa media massa untuk menghadirkan berita-berita "breaking-news".

Tidak hanya bermitra dengan media arus utama, Kaskus juga akan meluncurkan Kaskus Creator, revenue sharing program untuk para pembuat konten original, menarik dan berkualitas di Kaskus.

"Untuk ini kami mempunyai filter, tim konten untuk verifikasi user id. Perhitungan revenue sharing ini berdasarkan jumlah view dari setiap konten yang dibuat," kata Ronny.

Saat ini, Ronny mengatakan Kaskus telah memiliki 10 juta member, 20.000 komunitas di 58 regional di Indonesia, dengan 4.000 postingan setiap hari dan 5.000 sampai 6.000 lapak setiap hari.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017