Jakarta (ANTARA News) - Setelah lima tahun sejak Mazda CX-5 pertama kali meluncur pada tahun 2012, All New Mazda CX-5 hadir dengan segala penyempurnaan yang menggembirakan.

Meskipun Mazda tidak menyempatkan mesin yang benar-benar baru, Skyactiv-G 2.500cc 4-silinder, namun kenyamanan All New Mazda CX-5 sungguh terasa, baik di bangku pengemudi maupun penumpang.

ANTARA News menjajal langsung keunggulan generasi terbaru Mazda CX-5 melalui perjalanan sejauh kurang lebih 500 km, dari kota Malang, Jawa Timur hingga Nusa Dua, di Pulau Bali.


ANTARA News/Monalisa

Dari bangku pengemudi, All-New Mazda CX-5 memberikan pengalaman kenyamanan berkendara karena tambahan fitur-fitur keselamatan. 

Fitur-fitur tersebut antara lain, ALH (Adaptive LED Headlamps), BSM (Blind Spot Monitoring) + RCTA (Rear Cross Traffic Alert), LDWS (Lane Departure Warning System), SCBS-Forward (Smart City Brake Support-Forward) dan DAA (Driver Attention Alert). 

Bahkan fitur SCBS telah disempurnakan menjadi Advanced SCBS yang tak hanya dapat mendeteksi kendaraan di depan, namun juga pejalan kaki dan halangan lainnya. 

Cara pendektesiannya pun berbeda, kalau pada generasi sebelumnya memakai laser sekarang pakai kamera, sehingga lebih presisi dalam mengidentifikasikan objek

Fitur Active Driving Display (heads-up display) beresolusi tinggi dan berwarna, yang memproyeksikan informasi tentang kecepatan mobil langsung ke kaca depan bagian bawah pengemudi, memungkinkan pengemudi tetap fokus pada kondisi jalan atau dalam kecepatan tinggi, juga memberikan cita rasa pengendaraan mobil papan atas.

ANTARA News/Monalisa

Saat pengemudi sedikit lengah dari jalur saat berkendara, Lane-Keep Assist System (LAS) langsung memberi peringatan lewat Fitur Active Driving Display. 

Saat itu juga pengemudi merasakan stir yang bergetar dan bergeser secara otomatis ke arah jalur yang seharusnya, seperti yang dialami langsung oleh ANTARA News saat mencoba mengarahkan jalur mobil agak ke tengah jalan.

Berpindah ke bangku penumpang, ada perubahan yang cukup berasa pada All New Mazda CX-5 dibandingkan dengan generasi pertamanya.

ANTARA News/Monalisa

Kursi penumpang yang sebelumnya cukup tegak dengan sudut 22 derajat menjadi lebih nyaman dengan sudut 24 derajat dan bahkan bisa ditarik lagi ke belakang sampai 28 derajat.

Apalagi ditambah dengan adanya tambahan AC untuk kabin penumpang.

ANTARA News/Monalisa

Meskipun, kursi penumpang tidak dapat menyimpan memori posisi seperti dua bangku di kabin depan.

Duduk di kursi penumpang terasa tetap nyaman meskipun harus melalui perjalanan yang cukup jauh, mulai dari kondisi perkotaan hingga rute berliku yang harus ditempuh sepanjang perjalanan.

Ditambah, kabin yang lebih senyap 10 persen dari generasi sebelumnya.


ANTARA News/Monalisa

Dan perubahan yang mencolok tentu saja pada bagian eksterior dan ratusan pembaruan lain dari sisi interior.

Garis desain All-New Mazda CX-5 kini lebih berani dan tegas.

Tampilan khas keluarga Mazda ditampilkan dengan grille yang berukuran besar dan lebar lengkap dengan ciri khas garis berbentuk sayap (signature wing). 

Lampu depan lebih ramping dan diletakkan lebih rendah, semakin menguatkan sosoknya yang kini tampil makin sporty. 

Lalu apalagi perubahan dari SUV terbaru unggulan Mazda itu? Untuk selengkapnya, simak video berikut yang dibuat oleh ANTARA News.

VIDEO:

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017