Jakarta (ANTARA News) - Penyerang asal Brasil, Neymar, mencuri perhatian dengan menciptakan dua gol yang mengantar Barcelona mengalahkan Juventus dengan skor 2-1 pada turnamen persahabatan International Champions Cup di MetLife Stadium, New Jersey, Amerika Serikat, Minggu pagi waktu Indonesia.

Neymar, yang dikabarkan akan meninggalkan Barcelona untuk bergabung dengan raksasa Prancis Paris Saint-Germain, hanya butuh 26 menit untuk memasukkan dua gol ke gawang juara Italia itu.

Barcelona, yang menurunkan sejumlah pemain pilar seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, Gerard Pique, Ivan Rakitic dan Neymar, mengambil inisiatif serangan sejak babak pertama dimulai.

Kesebelasan berjuluk Blaugrana itu langsung menghasilkan peluang saat laga berumur tiga menit, saat Neymar melancarkan serangan balik cepat kemudian melepaskan umpan ke Messi, namun tidak berbuah gol.

Neymar juga memasukkan bola ke gawang Juventus yang dikawal Gianluigi Buffon pada menit 16 setelah umpan kerja sama "satu-dua" dengan Paco Alcacer diakhiri dengan tendangan dari jarak sekira 10 meter.

Neymar menggandakan keunggulan Barcelona menjadi 2-0 setelah mencetak gol dari umpan Lionel Messi. Sebelum mencetak gol, Neymar berhasil melewati beberapa pemain bertahan Juventus dengan kemampuan menggiring bolanya yang apik.

Sayangnya, Neymar hanya bermain 45 menit dan kemudian digantikan oleh Sergi Roberto pada awal babak kedua.

Juventus pun memasukkan bek Tim Nasional Italia, Giorgio Chiellini, menggantikan Andrea Barzagli yang kesulitan menjaga pergerakan Neymar di babak pertama.

Kiper Barcelona, Cillesen, melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan Paolo Dybala pada menit 62.

Namun Juventus akhirnya menjebol gawang Cillesen untuk memperkecil ketertinggalan pada menit 63 melalui sundulan Giorgio Chiellini yang meneruskan umpan tendangan penjuru Dybala.

Barcelona memiliki dua peluang dari aksi Denis Suarez dan Alena, namun tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga akhir babak kedua menurut laporan pertandingan laman ESPN.

Berikut susunan pemain dalam laga itu:

Barcelona (4-3-3):
Cillessen; Vidal, Pique, Mascherano, Digne; Rakitic, Samper, Iniesta; Messi, Neymar, Alcacer.

Cadangan: Vermaelen, D. Suarez, Douglas, Munir, Santos, Semedo, Gomes, Roberto, Alba, L. Suarez, Busquets, Turan, Umtiti, Alena, Ortola.

Juventus (4-2-3-1): Buffon; Lichtsteiner, Benatia, Barzagli, Asamoah; Khedira, Marchisio; Sturaro, Lemina, Bentancur; Mandzukic.

Cadangan: Higuain, Romagna, Coccolo, Pjanic, Del Favero, Caligara, Rincon, Kean, Sandro, Costa, Pinsoglio, Cuadrado, Leali, Chiellini, Dybala, Rosseti, Rugani, Untersee.

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017