Bengkulu (ANTARA News) - Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Jiwasraya, M Zamkani dan Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN Antara, DJ Nahrawi menyambut 41 orang pelajar SMA sederajat asal Provinsi Jawa Tengah, yang akan mengeksplore Bengkulu selama sepekan dalam program "Siswa Mengenal Nusantara 2017".

"Program ini untuk membangun jiwa sosial dan entrepreneur serta kepemimpinan para pelajar yang akan menjadi calon pemimpin bangsa di masa depan," kata Direktur SDM PT Jiwasraya, M Zamkani saat penyambutan puluhan siswa itu di aula Pola Provinsi Bengkulu, Senin.

Zamkani mengatakan para pelajar yang menjadi peserta adalah mereka yang merupakan siswa terpilih yang diharapkan mampu mengenalkan budaya daerahnya sekaligus mempelajari kekayaan budaya Bengkulu.

Program ini kata dia juga bertujuan meningkatkan rasa cinta tanah air dan memupuk persaudaraan antara sesame anak bangsa.

"Mereka dikenalkan lebih dekat bahwa Indonesia itu beragam, banyak suku, agama dan budaya yang memperkaya Indonesia, kata DJ Nahrawi.

Program Siswa Menengal Nusantara yang digagas Kementerian BUMN telah berlangsung selama tiga tahun.

Untuk wilayah Provinsi Bengkulu, kegiatan ini dikoordinir tiga BUMN yakni PT Jiwasraya, Perum LKBN Antara dan PT Pelni.

Sebanyak 20 orang pelajar Bengkulu telah dikirim ke Provinsi Jawa Tengah, sedangkan 41 orang pelajar dari Semarang dikirim ke Provinsi Bengkulu.

Asisten I Sekprov Bengkulu, Ali Sadikin saat menyambut puluhan pelajar Semarang itu mengapresiasi peran BUMN dalam memperkenalkan kekayaan budaya Nusantara kepada para generasi penerus.

"Kegiatan seperti ini sangat positif, karena itu kami berterimakasih kepada BUMN yang sudah menyiapkan agenda ini," kata dia.

Ali menambahkan bahwa Bengkulu memiliki potensi alam yang melimpah dengan garis pantai mencapai 525 kilometer membentang dari perbatasan Provinsi Sumatera Barat hingga ke perbatasan Provinsi Lampung.

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017