Presiden Jokowi dikirimi dua kuda jantan sandelwood

Presiden Jokowi dikirimi dua kuda jantan sandelwood

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunggang kuda sandelwood yang diberikan masyarakat saat mengunjungi Pulau Sumba di Kota Waetabula, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (12/7/2017). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Kami kirimkan dua kuda sandelwood kepada Bapak Presiden Jokowi."
Kupang (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikirimi dua kuda jantan sandelwood dari masyarakat Sumba Barat Daya sebagai penghargaan dari warga daerah setempat atas kehadirannya ke Pulau Sumba pada 12 Juli 2017.

"Kami kirimkan dua kuda sandelwood kepada Bapak Presiden Jokowi. Sebelumnya hanya satu, tetapi kami berikan satu lagi karena beliau sudah memberikan kami bantuan berupa sejumlah alat-alat pertanian," kata Bupati Sumba Barat Daya Markus D. Talu saat dihubungi dari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu.

Ia mengemukakan dua kuda sandelwood, kuda khas Sumba, itu semuanya berjenis kelamin jantan sebagai bagian dari penghormataan kepada Presiden Jokowi.

Kuda yang pertama, menurut dia, diberikan sebagai penghargaan lantaran Presiden Jokowi sudah mau berkunjung ke Pulau Sumba, khususnya Sumba Barat Daya, setelah 60 tahun silam Presiden Soekarno berkunjung ke daerah itu.

"Peristiwa kedatangan Jokowi ke Sumba pada saat pembukaan Festival Tenun Ikat dan Penutupan Parade Kuda Sandelwood merupakan momen berharga bagi kami masyarakat di Sumba, setelah sekian lama tidak ada presiden yang mau berkunjung ke Sumba," tuturnya.

(Baca juga: Presiden Jokowi sebagai Rato Sumba Barat Daya)


Kemudian, ia mengemukakan bahwa kuda kedua diberikan lantaran Presiden Jokowi telah menyetujui pembangunan jalan sepanjang 100 kilometer dari Kota Weetabula ke sejumlah kawasan wisata di Sumba Barat Daya.

Kemudian juga, ia menyatakan ada tambahan 100 buah traktor yang nantinya dapat diberikan kepada masyarakat untuk mengolah lahan pertanian.

Selain mengirimkan dua kuda untuk Presiden Jokowi, ia menyatakan mengirimkan juga dua ekor kuda untuk Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

"Kami juga kirimkan untuk Bapak Kepala Staf TNI AU. Dua ekor kuda dan semuanya jantan. Semua kuda kemarin sudah kami kirimkan," demikian Markus D. Talu.

Untuk mengangkut dua kuda jantan untuk Presiden Jokowi dan Kepala Staf TNI AU menggunakan pesawat Hercules yang tiba di Bandara Tambolaka pada Selasa (25/7) pukul 08.00 WITA, dan berangkat pada pukul 09.00 WITA menuju Jakarta.

Pewarta: Kornelish Kaha
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Presiden sebut kandidat Wakil Panglima TNI atas usulan Panglima

Komentar