Gresik (ANTARA News) - Tim Nasional Voli Putra Indonesia lolos ke babak delapan besar, sekaligus memenuhi target pada Kejuaraan Senior Voli Putra Asia ke-19, setelah mengalahkan Qatar 3-2 (24-26, 14-25, 25-20, 25-21 dan 15-11) di GOR Petrokimia, Gresik, Rabu petang.

Kemenangan atas Qatar membuat Timnas Voli Indonesia berada di peringkat kedua Grup A dengan nilai 6 di bawah Kazakhstan yang menjadi juara grup dengan nilai 7.

Pada pertandingan penentuan bagi kedua negara itu untuk lolos bersama Kazakhstan itu berlangsung cukup sengit. Indonesia sempat tertinggal 0-2 dengan perolehan angka cukup jauh, terutama pada set kedua.

Memasuki set ketiga, Timnas yang dimotori Agung Seganti mulai mampu membalikkan keadaan, dan memberikan semangat juang kepada rekan-rekannya.

Beberapa kali spike Rivan Nurmulki mampu menusuk area Qatar dan gagal diantisipasi lawan, sehingga unggul dengan angka 25-20.

Set keempat, tim asuhan Samsul Jais bermain cepat pada awal laga, dan kedatangan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi pada saat itu mampu memberikan rangsangan semangat juang, sehingga meninggalkan Qatar dengan selisih empat angka dan menutup pertandingan dengan angka 25-21.

Pada set penentuan, semangat juang Timnas Voli Putra Indonesia untuk mengalahkan Qatar masih terlihat, dengan beberapa spike agresif Rivan Nurmulki, dan skor diakhiri untuk kemenangan Indonesia dengan angka 15-11.

Kemenangan ini mendapat apresiasi Manajer Timnas Indonesia Nanang Masbudi, karena membuktikan bahwa Indonesia masih mampu berprestasi di bidang Voli, meski dua kali absen dalam Kejuaraan tingkat Asia.

"Kami mengapresiasi para pemain yang bermain sesuai instruksi pelatih, dan ini membuktikan bahwa Indonesia masih bisa berbicara pada kejuaraan voli tingkat Asia," katanya.

Pelatih Indonesia Samsul Jais mengaku sengaja memberikan keunggulan pada Qatar di set pertama dan kedua, karena tipikal permainan modern akan menyerang di set awal, dan kendur di set akhir.

"Para pemain sudah bermain sesuai intstruksi, dan ini bisa dijadikan landasan untuk meraih medali emas pada SEA Games nanti di Malaysia," kata Jais

Sementara itu wakil dari Asia Tenggara lainnya seperti Thailand dan Vietnam gagal melangkah ke perempat final. Thailand hanya menempati peringkat ketiga di GrupD di bawah China dan Australia, demikian pula Vietnam di grup C di bawah Jepang dan Korea Selatan

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017