Ada sebuah pertunjukan yang cukup luar biasa yaitu akan ada drone dari Intel perusahaan teknologi yang berdemo di langit Monas dengan konfigurasi sangat kreatif dan menjadi atraksi yang sangat luar biasa
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 300 drone atau pesawat nirawak quadcopter akan beratraksi di langit kawasan silang Monas Jakarta dalam meramaikan acara Selebrasia setahun menghitung mundur perhelatan olahraga Asian Games 2018.

"Ada sebuah pertunjukan yang cukup luar biasa yaitu akan ada drone dari Intel perusahaan teknologi yang berdemo di langit Monas dengan konfigurasi sangat kreatif dan menjadi atraksi yang sangat luar biasa," kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf saat jumpa pers mengenai persiapan acara Bulan Kemerdekaan 2017 di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat.

Menurut Triawan, acara tersebut baru kedua kalinya dilakukan di dunia.

Dalam Selebrasia, juga akan ditampilkan sejumlah artis terkenal asal Asia, salah satunya Girls Generation dari Korea Selatan pada 18 Agustus 2017.

Selain itu, Raisa dan Tulus juga menjadi beberapa musisi Indonesia yang akan meramaikan Selebrasia.

Pemerintah, ujar Triawan, berkeinginan agar perhelatan Asian Games tidak hanya diramaikan pada saat acara itu dilaksanakan pada 2018.

"Kegiatan-kegiatan ini akan memeriahkan Asian Games dan kita mulai setahun sebelumnya sehingga tidak akan terlambat, tidak akan mendadak di Jakarta dan juga di Palembang," tutur Triawan, menjelaskan.

Selain itu, untuk meramaikan countdown Asian Games, Bekraf bersama Kementerian Sekretariat Negara juga akan mengundang klub sepak bola ternama asal Inggris yang akan bertanding melawan tim futsal kepresidenan dan Kabinet Kerja.

Acara Selebrasia itu juga menjadi bagian rangkaian perayaan Bulan Kemerdekaan 2017 yang dihelat tidak hanya di Jakarta, melainkan di Bandung Provinsi Jawa barat dan Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam merayakan Bulan Kemerdekaan 2017, kementerian dan lembaga berkoordinasi dengan Bekraf menyiapkan rangkaian mulai dari pameran lukisan koleksi istana kepresidenan, dzikir kebangsaan, hingga perayaan sejumlah hari besar perayaan seperti Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Hari Pramuka dan Hari Konstitusi.

Selain itu, Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP PIP) juga akan mengadakan acara dalam rangkaian perayaan kemerdekaan yaitu penganugerahan tanda jasa dan tanda kehormatan pada 15 Agustus 2017.

Kemudian UKP PIP akan meramaikan perayaan kemerdekaan dengan pentas seni Festival Prestasi Indonesia sebagai apresiasi kepada warga yang berprestasi dan memberikan inspirasi keteladanan kepada anak bangsa pada 22 Agustus 2017.

Menurut Menteri Sekretaris Negara Pratikno sejumlah acara itu ditujukan untuk membangkitkan partisipasi masyarakat dan meningkatkan kebanggaan sebagai bangsa yang besar serta mendorong perekonomian masyarakat.

"Kami mengimbau partisipasi masyarakat untuk aktif di dalam kegiatan-kegiatan kita dan ini adalah bagian penting eksistensi kita sebagai bangsa yang besar, yang mengajak, yang harus melibatkan semua pihak untuk berpartisipasi," ujar Pratikno.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017