Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 105 offroader dari seluruh Indonesia berebut menjadi yang terbaik pada kejuaraan bergengsi "Ranggawulung Adventure Offroad" yang memperebutkan tropi Kemenpora dan KONI Pusat di Subang, Jawa Barat, 28-30 Agustus.

Berdasarkan data yang diterima media di Jakarta, Jumat, kejuaraan ini dilepas dari halaman Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dan dilakukan langsung oleh Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Dodi Husodo.

"Kejuaraan ini sangat bagus karena tidak hanya untuk kompetisi offroader, namun juga menggiatkan yang mendukungnya seperti pariwisata, kuliner maupun lainnya," kata Dodi Husodo dalam keterangannya.

Ranggawulung Adventure Offroad #7 merupakan agenda rutin yang digelar oleh JEEP Urang Subang (JUS). Tahun ini merupakan kejuaraan yang ketujuh kalinya dan pelaksanaannya sekaligus dalam rangka HUT ke-72 Kemerdekaan RI.

Kejuaraan yang didukung penuh oleh Kemenpora ini mempertandingkan tiga kelas yaitu 1000 cc, under dan upper. Selain itu kejuaraan ini dihadapkan dengan rute menantang yang akan memacu adrenalin peserta karena ada tiga rute yang telah disiapkan.

Rute pertama (Track A) adalah menuju Ginung kalong melewati hutan Tegal Banteng, hutan Ranca Macan dan hutan Pinus Moreli hingga akhirnya keluar di Desa Aul Cijambe. Selanjutnya, untuk rute kedua (Track B) menuju Gunung Gadok, kemudian dilanjutkan melewati hutan Pinus Ciangsana, hutan Pinus Margahayu dan hutan Pinus Dampit hingga akirnya keluar di desa Lempar Cijambe.

Lalu, untuk rute ketiga (Track C) menuju Bukit Ranggawulung, kemudian ke hutan Desa Parung hingga keluar di Bukit Tanjungwangi Camp.

"Selain tiga rute tersebut, juga ada Track VIP yaitu menuju hutan Pinus Tegal banteng dan keluar di Desa Darandan." kata Ketua Panitia Penyelenggara, Ahmad Sobari.

Lebih lanjut Ahmad Sobari mengatakan, melalui acara ini, selain menguji adrenalin para offroader sejati, sekaligus juga memperkenalkan keindahan objek wisata alam hutan Ranggawulung di Subang, Jawa Barat. Bahkan objek wisata alam di sekitar hutan Ranggawulung juga cukup banyak.

Acara itu pun, kata dia sekaligus untuk mendorong perekonomian dan pendapatan masyarakat sekitar dengan berjualan makanan maupun berbagai macam produk otomotif.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017