Padang, Sumatera Barat (ANTARA News) - KABA Festival 4 yang berlangsung di Padang pada 2 hingga 5 Agustus antara lain akan menampilkan tarian tradisional Banyumas yang sudah mendapat sentuhan baru.

Direktur Kaba Festival Angga Djamar mengatakan koreografer Rianto akan menampilkan tarian berjudul Mediakala, karya tari hasil penghayatan terhadap tarian Lengger, yang menurut perkiraan sudah ada sejak tahun 1910.

"Rianto dengan karya Mediakala akan tampil pada hari kedua festival, tepatnya pada Kamis 3 Agustus 2017 di Taman Budaya Sumbar," kata Angga.

"Karya ini merupakan hasil pembacaan dan penghayatan intensif yang dilakukan Rianto terhadap Lengger, salah satu tari tradisi asal Banyumas," tambah dia.

Rianto mengatakan dia mencipta tarian itu sejak dua tahun lalu dan sudah menampilkannya di pentas nasional maupun internasional.

Ia menjelaskan tarian itu meliputi dua karakter, laki-laki dengan topeng dan perempuan dengan konde.

"Tarian ini juga dimainkan seluruhnya oleh laki-laki yang didandani serupa perempuan," katanya.

Ia menambahkan sebagaimana kesenian tradisional Jawa pada umumnya, keseimbangan dan harmonisasi menjadi nilai-nilai utama yang hendak disampaikan.

"Berupa hubungan yang harmonis antara lelaki dan perempuan, adat istiadat dan prinsip agama, kontrol diri dan ketidaksadaran," katanya.

Pewarta: Irfan Taufik
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017