Kantor Bahasa dorong masyarakat cinta bahasa Indonesia

Kantor Bahasa dorong masyarakat cinta bahasa Indonesia

Buku Bahasa Indonesia. (ANTARA FOTO/Joko Sulistyo)

Pangkalpinang, Bangka Belitung (ANTARA News) - Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus mendorong masyarakat untuk menanamkan rasa cinta terhadap bahasa Indonesia melalui berbagai kegiatan lomba.

"Tugas kami adalah menjaga kemurnian dan meningkatkan rasa kecintaan masyarakat terhadap bahasa Indonesia. Untuk mewujudkan itu kami selalu menggelar berbagai lomba," kata Kepala Kantor Bahasa Bangka Belitung, Hidayatul Astar, di Pangkalpinang, Minggu.

"Tujuan kami jelas untuk melestarikan bahasa Indonesia di masyarakat, termasuk juga penelitian mencari kosa kata untuk dimasukkan ke dalam kamus besar bahasa Indonesia dan penelitian tentang sastra terkait cerita rakyat untuk dibukukan," katanya.

Para pemenang dalam berbagai lomba dengan sejumlah kategori tersebut akan dibawa mewakili Bangka Belitung untuk mengikuti Pekan Bahasa dan Sastra tingkat regional.

"Pekan Bahasa dan Sastra ini untuk memupuk semangat kebersamaan dan nasionalisme dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Hidayaturl Astar juga mengatakan, saat ini sedang dilakukan penelitian yang dilakukan tim dari Kantor Bahasa Babel untuk mencari kosa kata baru dan khas guna dimasukkan dalam kamus resmi bahasa Indonesia.

"Bahasa khas Bangka Belitung belum ada yang masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia V, makanya sekarang sedang dilakukan penelitian dan mudah-mudahan ada bahasa khas Bangka Belitung masuk kamus," ujarnya. 

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar