Jakarta (ANTARA News) - Sebagian Anda mungkin tertarik menjadikan jus bagian dari camilan walau ahli kesehatan lebih menyarankan buah dalam keadaan utuh. 

Sebenarnya tak masalah jika Anda memilih buah yang dibuat jus, asalkan tak ada tambahan gula dan air, menurut spesialis gizi dari Rumah Sakit Pelni, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK. 

"Idealnya buah potong. Jus tidak masalah selama tidak ditambah gula dan air, karena porsi buahnya bisa berkurang," tutur dia di Jakarta, Selasa. 

Juwalita menambahkan, khusus untuk anak-anak sebaiknya tak diberikan makanan manis sebagai camilannya karena berisiko membuat mereka enggan makan kala waktu makan tiba. 

Kemudian, kalau ternyata anak tumbuh dan berkembang tak sesuai usianya perhatikan kembali zat gizi apa yang masih kurang. 

"Jangan beri makanan manis untuk camilan, nanti ketika masuk jam makan anak sudah kenyang. Lihat lagi ke tumbuh kembang, kalau tidak sesuai usia misalnya kurang kalori, tambahkan bahan makanan padat kalori. Jus ditambah celupan cokelat atau ditambah potongan keju," papar Juwalita. 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017