GOTF 2017 fase II ini, Garuda Indonesia menargetkan pendapatan sebesar Rp180 miliar, dengan dua juta pengunjung situs dan 40.000 pengunduh baru aplikasi mobile Garuda Indonesia."
Jakarta (ANTARA News) - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mengincar nilai transaksi Rp180 miliar dalam Garuda Online Travel Fair (GOTF) Tahap II/2017 yang digelar 3-9 Agustus 2017.

"GOTF 2017 fase II ini, Garuda Indonesia menargetkan pendapatan sebesar Rp180 miliar, dengan dua juta pengunjung situs dan 40.000 pengunduh baru aplikasi mobile Garuda Indonesia," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Pahala menyebutkan pada pelaksanaan "GOTF 2017" phase I, Garuda Indonesia berhasil meraih nilai transaksi penjualan sebesar Rp162 miliar dengan total pengunjung situs sebanyak 1.7 juta pengunjung dan 31.750 pengunduh baru aplikasi Garuda Indonesia.

Sementara pada pelaksanaan GOTF tahun 2016 lalu, Garuda meraih nilai transaksi penjualan sebesar Rp106 miliar dengan total pengunjung website sebanyak 675.000 pengunjung dan 23.000 pengunduh baru mobile app Garuda Indonesia.

"GOTF 2017 yang kami laksanakan ini tentunya juga tidak terlepas dari upaya kami untuk senantiasa mendukung pemerintah untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara dan industri pariwisata dalam negeri," katanya.

Pahala mengatakan pihaknya telah menyiapkan lima rute domestik dan lima rute internasional unggulan, yaitu untuk rute domestik di antaranya Denpasar, Padang, Balikpapan, Lombok dan Labuan Bajo, sementara untuk rute internasional yaitu Melbourne, Seoul, Singapura, London dan Hongkong.

GOTF 2017" phase II tersebut juga merupakan upaya Garuda Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kemudahan untuk memperoleh tiket murah melalui transaksi secara daring.

"Transaksi digital terutama dalam pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia secara daring terus meningkat dari tahun ke tahun, ke depannya Garuda Indonesia akan mengedepankan pangsa pasarnya melalui penjualan secara digital," katanya.

Hal itu juga sejalan dengan rencana pengembangan bisnis Garuda ke depan di mana akan mengembangkan pangsa pasar melalui penjualan secara daring pada situs dan aplikasi mobile Garuda Indonesia.

"Kiranya sinergi positif antara Garuda Indonesia dan beberapa Bank yang tergabung pada Himbara ini tidak hanya dapat memberikan nilai tambah bagi para pelanggan namun menstimulasi perkembangan e-commerce di Indonesia," kata Pahala.

Untuk pelaksanaan "GOTF 2017" Fase II kali ini, Garuda Indonesia bekerjasama dengan "Himpunan Bank Milik Negara (Himbara)" yang terdiri dari Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Tabungan Negara (BTN) dan Bank Mandiri.

Dalam kesempatan sama, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, I Gde Pitana menilai atas kerjasama Garuda Indonesia dengan Himbara ini tentunya sejalan dengan salah satu program prioritas dari Kementerian Pariwisata, yaitu digital tourism (pariwisata digital).

"Kondisi market wisata saat ini telah berubah, banyak wisatawan kini mencari, memesan dan berbagi informasi wisata secara digital. Untuk itu kami sangat terbantu dengan adanya "GOTF 2017" ini," katanya.

Pasalnya, Pitana menyebutkan pihaknya menargetkan 265 juta perjalanan wisata nusantara di tahun 2017 melalui salah satu prioritas program pariwisata digital.

Untuk mendukung pariwisata digital yang digalakkan Pemerintah, perbankan dalam hal ini Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN sebagai anggota Himbara mengoptimalkan transaksi perbankan digital.

Ketua Himbara Maryono menilai perbankan digital memberikan kemudahan bagi para pelancong merencanakan perjalanannya karena transaksi untuk pemesanan tiket, hotel ataupun jasa wisata lainnya bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, cepat, aman dan lebih efisien.

"Transaksi non tunai yang terus dikembangkan Himbara mendorong sektor pariwisata untuk berkembang lebih cepat ," katanya.

Melalui pelaksanaan "GOTF 2017" phase II tersebut, Garuda Indonesia dan Himbara memberikan akses bagi seluruh pengguna jasa Garuda Indonesia mendapatkan tiket baik destinasi domestik maupun internasional dengan penawaran harga yang menarik.

"Para nasabah pemegang kartu debit maupun kredit bisa menikmati diskon tambahan hingga Rp 3,5 juta dan cicilan dengan bunga 0 persen hingga enam bulan saat bertransaksi di online channel Garuda Indonesia," kata Maryono.

Transaksi daring Garuda Indonesia bisa diakses di microsite Garuda Indonesia Online Travel Fair : www.garuda-Indonesia.com/gotf , website Garuda Indonesia : www.garuda-Indonesia.com dan Mobile App Garuda Indonesia.

Pada pelaksanaan "GOTF 2017" phase II ini Garuda Indonesia bersama Himbara juga menggandeng beberapa mitra usaha lainnya seperti mitra hotel (Agoda dan Swiss Belhotel International), paket wisata (Garuda Indonesia Holiday) dan mitra e-commerce (Blanja.com, Blibli.com, JD.ID dan VIP Plaza).

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017