Arosuka, Sumatera Barat (ANTARA News) - Bupati Solok, Gusmal, mengingatkan calon haji asal daerah itu untuk menjaga kondisi fisik dan kesehatan dengan baik, karena perbedaan cuaca yang ekstrim di Tanah Suci dapat sakit.

Di Arosuka, Sumatera Barat, Kamis, dia mengatakan, temperatur udara di Arab Saudi akan mencapai 45 derajat Celsius.

Selain itu calon haji harus mempergunakan kesempatan haji ini sebaik-baiknya, karena sekarang sangat sulit sekali untuk berangkat haji dengan daftar antreannya yang sangat panjang.

Untuk menjaga kekompakan dan keamanan selama di Mekkah, hendaknya para calon haji memelihara kerja sama, kekompakan, dan rasa ukhuwah Islamiyah, baik secara individu maupun regu, rombongan dan kloter agar jika ada kesulitan mudah diatasi.

Sementara itu, Kepala Penyelenggaraan Haji Kabupaten Solok, Alizar Chan, mengatakan, jumlah calon haji Kabupaten Solok pada tahun ini sebanyak 158 orang.

Mereka termasuk dalam Kloter PDG 11 yang akan bergabung dengan calon haji asal Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Solok dan Padang, dengan jadwal keberangkatan dimulai 7 Agustus 2017, saat mereka memasuki asrama haji dan 8 Agustus 2017 berangkat menuju Jeddah dari Bandara Internasional Minangkabau.

Calon haji tertua daerah itu dari Nagari Selayo berusia 80 tahun atas nama Ibu Kasian binti Zainun, dan termuda dari Nagari Guguk atas nama Rike Suci Kardia umur 34 tahun.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017