Jakarta (ANTARA News) - Melakukan aktivitas fisik secara rutin 30 menit per hari menjadi keharusan setiap insan yang ingin hidup sehat. Namun, terkadang tak semua dari Anda bisa rutin melakukannya. Lalu harus apa?

Ahli kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr.dr. Saptawati Bardosono, M.Sc mengatakan menyetir bisa menjadi pilihan. Mengapa?

"Menyetir, anggota tubuh bergerak, tangan, kaki. Otak juga. Kognitif dan fisik kita terangsang, otak jadi enggak mudah pikun," tutur dia di sela seminar media di Jakarta, Senin.

Hanya saja, kemacetan di jalanan yang terjadi bukan tak mungkin membuat Anda stres. Saptawati menyarankan menyetel musik dari radio yang disukai untuk meredam rasa kesal dan stres di jalan raya.

Sekalipun begitu, dokter yang akrab disapa Tati itu tetap menyarankan Anda melakukan aktivitas fisik yang lebih berat seperti sekedar jalan kaki selama 30 menit, jogging atau berenang.    

"Berenang itu bagus ya, semua anggota tubuh bergerak. Kalau menyetir kan aktivitas ringan. Saya melakukannya," kata dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017