Jakarta (ANTARA News) - Tim bulu tangkis Indonesia mengumumkan bahwa ada perubahan dalam susunan skuad beregu putra di mana pemain tunggal putra Muhammad Bayu Pangisthu urung memperkuat Tanah Air di SEA Games 2017 Malaysia.

Manajer Tim Bulutangkis Indonesia di SEA Games 2017 Susi Susanti menyebutkan bahwa Bayu tidak dapat mengikuti pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara tersebut karena baru pulih dari sakit diare dan posisinya akan digantikan oleh Panji Ahmad Maulana.

"Bayu sedang tidak fit karena mengalami diare minggu lalu dan cukup parah. Kami memutuskan untuk mengganti posisi Bayu di tim beregu SEA Games dengan Panji, karena hal ini akan berpengaruh pada tim," kata Susi dalam laman resmi PBSI di Jakarta, Selasa (8/8) malam.

Susi menjelaskan Panji dipilih untuk menggantikan posisi Bayu karena namanya memang sudah ada dalam daftar yang dikirim PBSI pertama kali ke KONI/KOI. Selain itu, secara prestasi, performa Panji tidak terlalu jauh dari Bayu yang merupakan juara Iran Fajr Badminton International Challenge 2017 dan Malaysia International Challenge 2016.

"Bayu sudah menemui saya secara pribadi dan menyampaikan kondisinya, dia mengaku tidak fit dan sudah merelakan tempatnya diisi Panji, sedangkan Panji sudah diberi tahu soal ini dan dia siap main," tuturnya.

Menurut Susi, hikmah dari keputusan federasi ini adalah menjadi pelajaran untuk semua atlet untuk lebih bertanggung jawab menjaga kondisi tubuhnya.

"Karena kami di sini dibebani target, PBSI ada target, Satlak Prima juga ada target," tutur Susi yang merupakan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI ini.

Berikut tim inti cabang bulu tangkis Indonesia untuk SEA Games 2017 setelah penggantian Bayu:

Putra

Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, Firman Abdul Kholik, Panji Ahmad Maulana, Berry Angriawan, Hardianto, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Hafiz Faisal, Edi Subaktiar

Putri

Fitriani, Dinar Dyah Ayustine, Hanna Ramadini, Gregoria Mariska, Greysia Polii, Apriani Rahayu, Rosyita Eka Putri Sari, Ni Ketut Mahadewi Istarani, Shela Devi Aulia, Gloria Emanuelle Widjaja.

(Baca: PBSI optimistis bulu tangkis capai target tiga emas SEA Games)

(Baca: Indonesia siap hadapi siapapun di SEA Games 2017)

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017