Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian berencana menggaet investor pengembang kawasan industri asal Jepang 15 September mendatang.

"Saya akan ke Jepang untuk meyakinkan investor kawasan yang dulu wait and see," kata Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian Imam Haryono di Jakarta, Jumat.

Imam akan bertemu para investor dari berbagai wilayah di Jepang, seperti Kyoto, Nara, Kobe, Nagoya, Osaka dan Kansai.

Pertemuan tersebut rencananya akan digelar di Mie, Jepang, dan Imam akan berdiskusi secara langsung dengan pemrakarsa kawasan industri di sana.

Diketahui, investasi sektor kawasan industri tengah menggeliat di Indonesia, yang ditandai dengan keluarnya 16 rekomendasi izin perusahaan dari Kementerian Perindustrian.

"Rekomendasi izin kami keluarkan untuk memastikan bahwa mereka benar-benar akan membangun kawasan industri. Investasi bidang kawasan industri sedang menggeliat," kata Imam.

Dengan demikian, pembangunan kawasan industri diprediksi akan mengalami peningkatan dalam kurun waktu tiga sampai lima tahun ke depan.

Kawasan industri baru tersebut, di antaranya berada di pulau Jawa, yakni Karawang, Bekasi, Majalengka, Tangerang dan Sidoarjo. 

Sementara itu, yang tersebar di luar Jawa, antara lain kawasan industri di Ketapang, Penajam Paser Utara, Deli Serdang, Simalungun, Muaro Jambi, dan Gorontalo Utara.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017