Jember, Jawa Timur (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan Ibu Negara Iriana Widodo ikut dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Jember terutama kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Jember.

Presiden Jokowi sore ini mengunjungi Universitas Muhammadiyah Jember di Jalan Karimata, Kabupaten Jember, untuk memberikan kuliah umum kepada  ratusan mahasiswa kampus ini.

Sebelum menyampaikan kuliah umum, Jokowi mengungkapkan alasan mengapa mengajak Iriana untuk mendampinginya, yakni karena Iriana dulu pernah berkuliah di Universitas Muhammadiyah, Surakarta, Jawa Tengah.

"Ini yang pertama kali saya masuk ke sebuah universitas ditemani oleh Ibu Iriana. Kenapa? Karena ibu Iriana dulunya kuliah di Universitas Muhammadiyah di Solo. Di Surakarta," kata Jokowi.

Jokowi mengaku pernah mengajak Iriana untuk mendampinginya ke salah satu universitas, namun Iriana menolak tawaran itu.

"Kalau di universitas yang lain saya ajak enggak mau. Saya di rumah saja'. Kalau begitu ya sudah. Universitas Muhammadiyah Jember malah minta ikut. Ya sudah saya ikut'", kata Jokowi.

Pada kuliah umum ini, Presiden Jokowi menjelaskan bagaimana upaya pemerintah dalam membangun sumber daya manusia yang siap bersaing menghadapi perubahan zaman, terutama cepatnya arus teknologi.

Meski demikian, Jokowi mengingatkan arus teknologi yang begitu pesat tidak boleh menggerus nilai-nilai keagamaan, ekonomi, sosial dan budaya Indonesia.



Pewarta: Agus Salim
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017