Jakarta (ANTARA News) - Patung lilin presiden Joko Widodo yang sudah memakai baju batik dan pesan Ina Thomas untuk Axel, merupakan dua di antara lima berita kemarin yang masih layak baca.

Berikut rinciannya:

1. Patung Lilin Jokowi di Madame Tusauds sudah pakai baju batik
Beijing (ANTARA News) - Patung lilin Presiden Joko Widodo yang menjadi koleksi museum Madame Tussauds, Hong Kong, sudah memakai baju batik.

Setelah lebih dari tiga bulan mengenakan baju putih sebagai ciri khasnya, mulai Sabtu (12/08/2017) patung Presiden Jokowi mengenakan baju batik, kata Konsul Jenderal RI di Hong Kong, Tri Tharyat, di Beijing, Sabtu.

Ia mengaku sudah mendiskusikan penggantian baju pada patung lilin presiden di kawasan Asia Tenggara yang masih aktif itu dengan pihak museum yang berlokasi di kompleks Peak Tower tersebut.

"Pemakaian kemeja batik ini akan lebih mengenalkan batik kepada masyarakat internasional bahwa batik telah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia," ujarnya.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Perpres pengganti Permen 'sekolah lima hari' segera terbit
Jember, Jawa Timur (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menyatakan akan segera menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang penguatan pendidikan karakter untuk menggantikan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang kebijakan sekolah lima hari atau "full day school".

"Perpres sudah kami godok dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, nanti kalau selesai akan diumumkan," kata Jokowi usai memberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMP Negeri 7 Kabupaten Jember, Minggu.

Berita lengkapnya di sini.

3. Jalan Tol Bawen-Salatiga diresmikan 28 Agustus
Salatiga, Jawa Tengah (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan jalan tol Semarang-Solo seksi III ruas Bawen-Salatiga akan diresmikan pemerintah akhir Agustus ini.

"Sudah ada kunjungan lapangan kemarin (untuk uji kelaikan), kalau itu laik kami rencanakan 28 Agustus 2017 akan dibuka resmi untuk masyarakat," kata dia di sela Festival Jalan Tol di gerbang tol Salatiga, Minggu.

Saat ini, tim gabungan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Polri dan tim dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sedang melakukan uji kelaikan ruas tol ini.

Baca berita lengkapnya di sini.

4. Pesan Ina Thomas untuk Axel
Jakarta (ANTARA News) - Ina Thomas, ibunda Axel Thomas Matthew tak berhenti menunjukkan dukungan moral untuk sang putera.

Melalui unggahan di media sosial Instagram, Ina menuliskan pesan-pesan positif teruntuk Axel yang terbelit kasus hukum.    

"Senyum ini ... Adalah kekuatan ku sebagai seorang ibu ... Yg menuntutku untuk tetap berdiri tegak , merendah, menyayangi musuhmu, positive dalam berpikir, pasrah dan iklas ... ," tulis Ina.  

Berita selengkapnya di sini.

5. Bertemu pencipta aplikasi Gojek yang kini dirikan sekolah
Jakarta (ANTARA News) - Adalah Alamanda Shantika Santoso pencipta aplikasi Gojek yang meninggalkan perusahaan teknologi jasa angkutan Gojek demi mendirikan sekolah.

Perempuan kelahiran Jakarta 29 tahun lalu itu kini tak lagi mengusung warna hijau yang identik dengan aplikasi ojek online tersebut, melainkan warna ungu yang menjadi ciri khas Binar Academy.

"Keluar dari Gojek yang merupakan first unicorn startup, saya banyak belajar di sana. Tapi mimpi saya adalah menjadi menteri pendidikan, untuk itu saya ingin membagikan mimpi saya ke orang lain," ujar Alamanda saat mengisi sebuah sesi diskusi dalam Habibie Festival 2017 di Jakarta, belum lama ini.

Selengkapnya di sini.

Baca juga: Binar Academy tawarkan sekolah coding gratis

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017