Madura (ANTARA News) - Ketua Umum PPP Romahurmuziy berziarah ke makam ulama Madura KH Alawy Muhammad yang menjadi pejuang bagi partai berlambang kabah pada masa orde baru, di Pondok Pesantren At-Taroqqi, Sampang, Madura, Senin malam.

Romahurmuziy diterima langsung oleh anak kandung KH Alawy Muhammad yakni KH Fauroq Alawy yang kini menjadi pengurus Pondok Pesantren At-Taroqqi.

"Almarhum KH Alawy Muhammad semasa hidupnya merupakan pejuang sejati PPP. Beliau konsisten sampai akhir hayatnya dan membuat fatwa di keluarganya bahwa tidak boleh lepas dari partai Islam," kata Romahurmuziy seusai ziarah ke makam KH Alawy Muhammad.

Romahurmuziy menyampaikan dirinya mengenal KH Alawy Muhammad selama lebih dari 10 tahun. Sosok KH Alawy menurut Romahurmuziy sangat berjasa terhadap PPP.

KH Alawy selalu siap menjadi juru kampanye yang handal bagi PPP. Selain itu sosok KH Alawy juga tidak hanya berbicara mengenai agama, namun juga membela hak-hak rakyat.

"Dulu zaman orde baru, beliau memperjuangkan hak rakyat waktu ada rencana pembangunan Waduk Nipah di Madura. Beliau berhadap-hadapan dengan penguasa kala itu meskipun nyawa taruhannya," jelas Romahurmuziy.

Romahurmuziy mengatakan dirinya sengaja berziarah sekaligus untuk terus menyambung silaturahmi dengan keluarga besar KH Alawy Muhammad. Sejauh ini putra-putri Alawy Muhammad ada yang menjadi ketua-ketua Majelis Syariah PPP di tingkat kabupaten.

(T.R028/R010)

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017