Miami (ANTARA News) - Badai Tropis Gert menguat pada Senin malam (14/8) menjadi siklon kedua di Samudra Atlantik, menurut laporan Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC).

Untuk saat ini, badai tidak berpotensi menerjang daratan karena masih jauh dari wilayah Bermuda, menurut laporan NHC di Miami.

Badai Kategori Satu tersebut, dari maksimal lima, memiliki kekuatan terpaan angin 120 kilometer per jam dan berada 720 kilometer sebelah barat Bermuda.

Samudra Atlantik kian menghadapi risiko musim badai yang makin ekstrem dengan jumlah badai diprediksi melonjak, menurut laporan NHC pada Rabu pekan lalu.

Sekitar 14 hingga 19 badai dahsyat, mulai dari badai tropis hingga siklon, diperkirakan akan menerjang Atlantik, meningkat dari kisaran 11 hingga 17 badai yang diprediksi pada Mei lalu.

Lima hingga sembilan badai berpotensi menjadi siklon dan dua hingga lima di antaranya kemungkinan menguat menjadi siklon dahsyat.

Siklon dahsyat adalah badai Kategori 3 atau lebih dengan kecepatan angin sekitar 178 hingga 208 kilometer per jam, demikian dilansir AFP. (ab/)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017