Banjarmasin (ANTARA News) - Sebanyak 3.500 peserta mengikuti Kirab Merah Putih yang digelar oleh Korem 101/Antasari bersama Pemerintah Provinsi Kalsel di kota setempat.

"Jumlah peserta yang mengikuti Kirap Merah Putih tahun ini sangat banyak, bahkan diluar prediksi awal kami yang hanya 2.500 peserta," tutur Danrem 101/Antasari Kolonel Arm M Syafei K di Banjarmasin, Rabu.

Acara yang dilepas bersama Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Danrem 101/Antasari dan Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Oky Dipura itu mengambil start di depan Makorem yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin.

Ribuan peserta semua mengendarai sepeda motor dengan atribut militer dan merah putih itupun tumpah ruah memenuhi jalanan sepanjang rute yang dilewati.

Sedangkan untuk rute sendiri menyusuri Jalan Ahmad Yani hingga berbelok di Bundaran Simpang Empat Banjarbaru, peserta menuju Jalan Trikora Komplek Perkantoran Setda Provinsi Kalsel dan kemudian kembali ke Banjarmasin untuk menuju titik finis di Mahligai Pancasila yang langsung dirangkai acara ramah tamah.

"Kami berterima kasih kepada peserta yang turut mengikuti Kirab Merah Putih, karena tak hanya dari TNI dan Polri, masyarakat umum pun banyak yang ambil bagian dalam menggelorakan semangat nasionalisme mengenang jasa para pahlawan," ucap Danrem.

Sementara itu, Gubernur Sahbirin Noor di Banjarmasin, yang nampak sangat antusias memimpin rombongan pawai pasukan merah putih tersebut menegaskan, kirab dalam rangka menyambut HUT Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia itu sangat bagus guna menumbuhkan rasa kebersamaan.

"Pokoknya NKRI harga mati dan Kalsel harus menjadi pioner semangat kebersamaan dari seluruh masyarakatnya yang cinta tanah air," tutur Gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017