Tangerang (ANTARA News) - Warga Kota Tangerang Banten sejak sepekan menghias lingkungannya dengan tema kemerdekaan melalui pembentukan Kampung Merdeka.

Pantauan, Rabu, Kampung Merdeka yang dicanangkan Pemerintah Kota Tangerang dalam rangka memeriahkan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 Tahun disambut antusias warga.

Misalnya saja warga di Perumahan Bugel Karawaci yang menghias pemukimannya dengan nuansa kemerdekaan seperti mengecat Pos Ronda dengan tema Kemerdekaan serta memasang bendera di setiap gang.

Hansis selaku Ketua RW 04 mengatakan, pembuatan Kampung Merdeka dilakukan dengan cara membersihkan lingkungan dari sampah.

Sehingga pemukiman Merdeka dari Sampah. Setelah itu, warga secara gotong royong mengecat jalan lingkungan dengan berbagai gambar seperti logo 72 Tahun RI hingga penjuang lingkungan.

Kemudian, untuk menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini, Kelurahan Panunggangan Timur menggelar Kampung Merdeka dengan melibatkan peran serta masyarakat. Diantaranya adalah kegiatan memakai baju adat dari Sabang sampai Merauke sebagai simbol bhineka tunggal ika untuk anak - anak hingga perlombaan.

Lurah Panunggangan Timur, Afif menuturkan jika warga diajak untuk merayakan kemerdekaan dengan kegiatan positif dan mencerminkan nasionalisme. Misalnya dari pemasangan bendera merah putih sejak awal bulan Agustus sesuai dengan imbauan Pemkot Tangerang hingga mengadakan kegiatan pengenalan kekayaan budaya Indonesia.

"Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk menghias lingkungannya dengan tema kemerdekaan yang mampu menumbuhkan semangat nasionalisme," ujarnya

Menyambut perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 Tahun, Pemerintah Kota Tangerang mencanangkan program Kampung Merdeka di setiap RT/RW.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, Kampung Merdeka adalah program yang mengajak masyarakat untuk menjadikan lingkungannya terbebas dari masalah seperti sampah, banjir, penyakit, kekumuhan dan sebagainya.

"Kalau dahulu kemerdekaan dimaknai terbebas dari penjajah maka sekarang, kita harus merdeka dari masalah perkotaan. Dengan semangat kerja bersama, maka kita jadikan Kota Tangerang sebagai kota layak huni yang memiliki sifat gotong royong dan bersinergi dalam membangun kota untuk mewujudkan masyarakat Tangerang yang sejahtera," kata Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017