Jakarta (Antara) - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyatakan siap menyelenggarakan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Hal ini disampaikan Plt. Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, I Nyoman Shuida menanggapi persiapan count down (hitung mundur) Asian Games yang akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2017.

"Pelaksanaan count down (hitung mundur)  Asian Games untuk menegaskan bahwa Indonesia telah benar-benar siap menggelar Asian Games di dua tempat sekaligus di tahun 2018," kata Nyoman dikantor Kemenko PMK, Rabu (16/8/2017).

Awalnya, kata Nyoman, pihaknya merasa terkejut dengan ditunjuknya Indonesia sebagai penyelenggara, karena awalnya negara Vietnam adalah tuan rumah. Namun, karena diberi tenggat waktu persiapan selama dua tahun, ia pun optimis Indonesia bisa melakukan semua itu.

Nyoman menilai, keberhasilan dalam menyusun peta jalan Asian Games tidak lepas dari peran gerakan revolusi mental berupa, gotong royong semua pihak, baik dari kementerian/lembaga terkait hingga legislatif (DPR) yang mendorong agenda olahraga di Asia itu dapat berjalan sesuai rencana.

"Ini luar biasa karena dengan semangat revolusi mental yakni gotong royong antara semua sektor dapat mempersiapkan ini semua sesuai yang ditargetkan," ujar Nyoman.

Dia pun mencontohkan, semua arena dan wisma atlet baik di Jakarta maupun Palembang sudah rampung pada Desember 2017. “Insya Allah akhir Desember tahun ini semua venue di GBK wisma atlet di Kemayoran serta di Veledrom dan Jakabaring Palembang sudah siap semua. Dan pada Februari mendatang semua itu bisa langsung digunakan dalam tes event,” tutup Nyoman.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017