Jakarta (ANTARA News) - Ribuan undangan menghadiri upacara penurunan bendera Merah Putih yang digelar di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis, yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Ribuan tamu undangan yang berasal dari berbagai elemen masyarakat sudah hadir memenuhi kursi-kursi yang telah disediakan di panggung di Halaman Istana Merdeka sejak pukul 15.00 WIB.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang masih mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu Batu Licin Kalimantan Selatan tak sungkan berjabat tangan dengan tamu undangan di tribun tamu undangan Istana Kepresidenan sebelum menuju tempatnya di panggung kehormatan.

Presiden Jokowi berkeliling dari satu tribun ke tribun lain untuk menyambut kedatangan tamu undangan yang berebut untuk bisa bersalaman dan beberapa sempat berswafoto bersama.

Sejumlah pertunjukan seni termasuk lagu-lagu dari artis ibu kota diperdengarkan sebelum acara tersebut dimulai tepat pada pukul 17.00 WIB.

Sementara Tim Merah Paskibraka sudah mempersiapkan diri di sisi kiri panggung kehormatan untuk melaksanakan tugasnya menurunkan bendera Merah Putih.

Nantinya duplikat bendera pusaka akan dibawa dengan kereta kencana Ki Jaga Raksa untuk kembali disimpan di Monumen Nasional (Monas).

Tahun ini gelar budaya dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun ke-72 kemerdekaan RI, bahkan para pejabat termasuk menteri dan tamu undangan berlomba-lomba mengenakan pakaian adat terbaiknya dalam acara tersebut.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017