Temanggung, Jawa Tengah (ANTARA News) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung akan melatih 75 pengurus masjid di kecamatan Jumo, Tembarak dan Bulu menjelang peringatan Idul Adha 1438 Hijriah.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung Esti Dwi Utami, Jumat, mengatakan pelatihan akan dilaksanakan 22-24 Agustus.

"(Pelatihan) untuk masing-masing kecamatan berlangsung satu hari. Desa-desa mengirimkan dua orang (perwakilan)," katanya.

Ia mengatakan tahun ini pelatihan baru mencakup tiga kecamatan dan tahun depan cakupannya akan diperluas menjadi empat kecamatan.

"Semakin banyak yang mengikuti pelatihan maka akan semakin baik, karena dengan pelatihan tersebut mereka akan mengetahui teknis penyembelihan yang benar dan halal," katanya.

Esti menjelaskan pula bahwa dinas akan menurunkan 42 petugas pengawas penyembelihan hewan kurban di setiap kecamatan pada peringatan Idul Adha tanggal 1 September.

"Petugas kami akan melakukan pengawasan dua hari, yakni pada Jumat (1/9) dan Sabtu (2/9)," katanya.

Selain itu, ia melanjutkan, selama 28-29 Agustus 2017 petugas dinas juga akan memeriksa hewan kurban di Pasar Hewan Terpadu Badran dan Pasar Ngadirejo.




Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017