London (ANTARA News) - Aneka kuliner nusantara yang disajikan pada Pesta Rakyat Kedutaan Besar RI di Swedia, menjadi daya tarik tersendiri bagi warga setempat untuk hadir pada acara yang diselenggarakan serangkaian peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia itu.

Acara yang digelar pada Sabtu (19/8) dihadiri berbagai kalangan. Tidak hanya masyarakat Indonesia yang berdomisili di Swedia dan sekitarnya, tapi juga penduduk asing yang tinggal di Swedia dan sekitarnya, demikian keterangan tertulis yang diterima Antara, London, Minggu.

Promosi kuliner menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat setempat untuk mengunjungi Pesta Rakyat yang dimulai sejak pukul 11.00 hingga 17.00 waktu setempat itu.

Enam belas peserta bazar berbagai stand makanan menyuguhkan hidangan khas bagi para pecinta makanan Indonesia di Swedia.

Disajikan masakan Padang, hingga jajan pasar khas Indonesia, antara lain aneka gorengan, empek-empek, martabak mie, cilok, lontong dan lauk, nasi rendang, peyek dan rujuk buah, pepes ikan dan dan ayam.

Tampak beberapa pengunjung harus mengantri, untuk dapat menikmati aneka kuliner dan kudapan khas Nusantara.

Dubes RI untuk Swedia dan Latvia, Bagas Hapsoro yang membuka secara resmi Pesta Rakyat itu mengatakan merupakan ajang silaturahmi bagi masyarakat Indonesia, sekaligus mempererat hubungan Indonesia-Swedia termasuk hubungan masyarakat kedua bangsa.

Selain itu, Pesta Rakyat itu juga menjadi ajang memantapkan promosi Indonesia di Swedia baik budaya, kuliner maupun produk Indonesia lainnya.

Setelah pembukaan, acara diteruskan dengan aubade lagu-lagu daerah oleh Vocal Group PPI, Dharma Wanita Persatuan. Aneka perlombaan pun digelar baik yang diperuntukkan bagi anak-anak maupun dewasa, seperti lomba makan kerupuk, memasukkan pensil dalam botol. dan joget balon untuk dewasa.

Turut memeriahkan penampilan kesenian tradisional Indonesia oleh Diaspora Indonesia dari Uppsala dan Gothenborg, Kelompok Ukulele dari masyarakat senior Indonesia, sajian musik Petra Sihombing Jakarta dan band dari komunitas Indonesia dan Filipina. Petra Sihombing sempat berduet dengan penyanyi kondang Euis Darliah yang telah lama menetap di Swedia.

(Baca: Pesta HUT RI di London tarik perhatian warga Inggris)

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017