Saudi tuduh Qatar larang pesawatnya angkut jemaah haji

Saudi tuduh Qatar larang pesawatnya angkut jemaah haji

Pesawat Saudi Arabian Airlines. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Riyadh (ANTARA News) - Otoritas Arab Saudi pada Minggu (20/8) menuduh Qatar tidak mengizinkan pesawat-pesawatnya mendarat di Doha untuk mengangkut jemaah haji ke Makkah.

"Direktur jenderal Saudi Arabian Airlines Saleh al Jasser menyatakan maskapai sejauh ini tidak bisa menyusun jadwal penerbangan untuk mengangkut jemaah haji Qatar dari Bandara Internasional Hamad di Doha" menurut laporan SPA, kantor berita Arab Saudi.

"Otoritas Qatar tidak mengizinkan pesawat mendarat karena tidak memiliki dokumen yang benar meski permohonan izin sudah diajukan beberapa hari lalu" menurut warta SPA.

Arab Saudi pekan lalu membuka kembali perbatasan darat dengan Qatar bagi para jemaah haji dan mengatakan kerajaan akan menyediakan sarana transportasi untuk mengangkut mereka dari Doha ke Makkah di tengah boikot terhadap Qatar.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir pada Juni memutuskan hubungan dengan Qatar karena menuduh Doha mendukung kelompok-kelompok ekstremis.

Keempat negara Arab tersebut telah menarik diplomat mereka dari Qatar dan melarang negara mungil itu menggunakan wilayah udara atau pelabuhan mereka, demikian menurut warta kantor berita AFP.(ab/)



Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar