Santiago (ANTARA News) - Chile pada Senin (21/8) menolak rencana proyek tambang besi senilai 2,5 miliar dolar AS untuk melindungi ribuan penguin yang terancam punah.

Perusahaan lokal Andes Iron ingin mengekstrak jutaan ton besi di wilayah Coquimbo utara dan membangun sebuah pelabuhan baru untuk mengirimnya.

Sebuah komite menteri mengatakan proyek tersebut tidak menawarkan jaminan lingkungan yang cukup, mengulang peringatan dari kelompok pecinta lingkungan.

"Langkah kompensasinya tidak cukup dan tidak bisa menjamin perlindungan spesies yang menjadi perhatian," seperti penguin Humboldt, kata Menteri Lingkungan Hidup Marcelo Mena.

"Kami tidak menentang pembangunan ekonomi atau proyek yang penting bagi pertumbuhan negara ini, tapi mereka harus menawarkan solusi yang cukup terhadap dampak yang akan mereka timbulkan."

Coquimbo terletak di pantai di selatan tiga pulau yang menjadi Cagar Alam Nasional Penguin Humboldt, rumah bagi sejumlah spesies hewan liar.

Salah satunya adalah penguin Humboldt yang terancam punah. Penguin tersebut dapat dibedakan dari lingkaran pink di matanya dan garis hitam di dadanya.  (mu)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017