Jakarta (ANTARA News) - Pancasila sebagai ideologi terbaik bagi bangsa Indonesia merupakan energi positif yang memperkuat persatuan Indonesia, kata Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP Pancasila) Yudi Latif.

"Karena itu, penguatan kembali Pancasila itu mutlak dilakukan di semua lini untuk membawa Indonesia yang main kuat dan baik di masa depan," ujar Yudi dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Oleh karena itu, dalam momentum HUT Ke-72 RI, Yudi mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus menghayati dan mengamalkan Pancasila. Ia optimistis bila itu dilaksanakan akan makin mempererat semangat persatuan Indonesia yang beragam.

"Tentu saja itu juga bisa menangkal berbagai paham dan energi negatif, terutama yang berasal dari luar negeri," kata Yudi.

Ia mengakui saat ini masih ada sebagian kecil bangsa Indonesia yang cenderung memelihara budaya negatif dan itu rawan dimanfaatkan kelompok-kelompok tertentu yang ingin menghancurkan Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti radikalisme dan terorisme.

Oleh karena itu, Yudi mengajak seluruh bangsa untuk membangun energi positif guna menghilangkan budaya negatif.

"Tidak ada kata terlambat. Mari bersama saling introspeksi dan kembali membangun energi positif bangsa demi membendung berbagai budaya atau propaganda negatif," kata Yudi.

Sebagai salah satu upaya untuk membangun energi positif itu, Yudi menggagas penyelenggaraan Festival Prestasi Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (21/8).

Sebanyak 72 ikon prestasi Indonesia dipilih dari seluruh Indonesia. Ke-72 orang dari berbagai profesi, latar belakang, dan usia itu menerima penghargaan dan apresiasi atas kinerja positifnya dalam mengharumkan dan memajukan Indonesia.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017