Los Angeles (ANTARA News) -  Mark Wahlberg melejit ke puncak daftar tahunan aktor dengan bayaran tertinggi di dunia yang dibuat majalah Forbes, memperlihatkan jelas perbedaan besar antara bintang Hollywood pria dan wanita.

Wahlberg (46) memperoleh sekitar 68 juta dolar AS pada 2017 berkat film "Daddy's Home 2" dan "Transformers: The Last Knight", berdasarkan peringkat Forbes yang dirilis Selasa.

Aktor yang dulu rapper itu menggeser Dwayne "The Rock" Johnson dari posisi puncak tahun lalu menjadi peringkat kedua tahun ini, dengan perkiraan penghasilan 2017 sebesar 65 juta dolar AS.

Forbes memperkirakan pendapatan, di luar pajak dan biaya pengelolaan, dari film, TV dan iklan.

Daftar Forbes kembali menyoroti kesenjangan gender di Hollywood terkait honor. Pekan lalu, majalah tersebut mengumumkan aktris "La La Land" Emma Stone sebagai aktris dengan bayaran tertinggi di dunia dengan perkiraan pendapatan sebesar 26 juta dolar AS tahun ini.

Forbes mengatakan gabungan gaji dari 10 aktor dengan bayaran tertinggi dalam periode Juni 2016-Juni 2017 mencapai angka 488,5 juta dolar AS, hampir tiga kali lipat dari jumlah pendapatan 10 aktris dengan bayaran termahal yang hanya mencapai angka 172,5 juta dolar AS.

Forbes mengaitkan perbedaan besar dengan film pahlawan super dan aksi blockbuster yang menghasilkan uang banyak di box office untuk studio Hollywood namun film seperti itu cenderung menawarkan sedikit peran untuk perempuan.


Bintang "Pirates of the Caribbean" Johnny Depp, yang selama bertahun-tahun menjadi salah satu dari lima aktor bayaran tertinggi, tidak masuk 20 besar tahun ini, kata Forbes. Depp saat ini terlibat dalam sebuah perselisihanhukum  dengan mantan manajer bisnisnya yang telah merinci apa yang mereka gambarkan sebagai kebiasaan belanja mewahnya.

Desember lalu, sebelum peluncuran "Pirates of the Caribbean" pada Mei 2017, Dead Men Tell No Tales, "Forbes menyebut Depp sebagai aktor dengan bayaran terlalu mahal selama dua tahun berturut-turut karena film" Alice Through the Looking Glass "dan" Mortdecai " tidak membawa keuntungan besar.

Tiga bintang terbesar Bollywood - Shah Rukh Khan (38 juta dolar AS), Salman Khan (37 juta dolar AS) dan Akshay Kumar (35,5 juta dolar AS) - menempati posisi ke 8, 9 dan 10 dalam daftar Forbes.

(Baca: Emma Stone jadi aktris dengan honor tertinggi versi Forbes)

(Baca: Calvin Harris jadi DJ berpenghasilan terbesar versi Forbes)

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017