Kuala Lumpur (ANTARA News) - Para peserta SEA Games 2017 di Malaysia bersaing meraih 49 medali emas yang diperebutkan dalam pertandingan 24 cabang olahraga pada Kamis.

Di atletik, hari ini ada sembilan medali emas yang diperebutkan, dan Indonesia berpeluang menambahkan medali karena pelari andalan Triyaningsih akan turun di nomor 10 ribu meter. Selain itu ada Emilia Nova dan Suwandi Wijaya yang berlomba di nomor lompat jauh.

Tim atletik sampai sudah menyumbang satu emas lewat Hendro dari nomor jalan cepat. Maria Londa yang diharapkan merebut emas dari nomor lompat jangkit harus puas dengan perak.

Capaian itu menjadi prestasi tersendiri bagi Maria Londa, menandai kemampuannya melewati trauma cedera dan mencatatkan lompatan terbaik dalam dua tahun terakhir dengan lompatan sejauh 13,52 meter di lintasan lari Stadion Bukit Jalil.

"Maria sukses melalui trauma cedera yang selama ini didera. Tapi saya kira siapa pun akan kecewa karena tidak meraih emas. Londa sudah menyadari kondisinya," kata pelatih I Ketut Pageh tentang peraih medali emas lompat jauh Asian Games 2014 itu.

Setelah atletik, cabang renang yang menyumbang tujuh medali emas juga berpeluang menambahkan medali.

Indonesia berpeluang menambah medali emas dari nomor 100 meter gaya punggung dari I Gede Siman Sudartawa maupun Ricky Anggawidjaja. Selain itu ada Triady Fauzi yang turun di 200 meter gaya ganti.

Sementara tinju hari ini bakal memperebutkan enam medali emas. Ada petinju Indonesia yang masuk final yaitu Aldoms Sugoro yang turun di kelas 49-52kg dan Sarohatua Lumbantobing di kelas 60-64 kg.

Karate akan memperebutkan empat medali emas di hari terakhir pelaksanaannya. Indonesia berpeluang menambah medali emas dari nomor kata putra maupun putri. Sampai sekarang Cok Istri dan kawan-kawannya di tim karate sudah mengumpulkan tiga medali emas.

Pencak silat yang selama ini menjadi andalan juga sudah dimulai pertandingannya. Nomor ganda akan menjadi pembuka perburuan emas pasangan Hendy dan Yolla Primadona Jampil, yang diharapkan mempertahankan raihan medali emas di SEA Games 2015.

Dari sepak bola, timnas Indonesia akan menjalani pertandingan penentuan untuk lolos ke babak semifinal. Hansamu Yama Pratama dan kawan-kawan akan menghadapi Kamboja di Stadion Shah Alam.

Saat ini anak asuh Luis Milla berada di posisi tiga klasemen dengan raihan delapan poin dari empat pertandingan. Sedangkan Vietnam dan Thailand sama-sama mengemas sepuluh poin dari empat pertandingan.

Jika Vietnam atau Thailand kalah dan Indonesia menang, maka tim Merah Putih akan melaju ke semifinal.

Hingga hari kelima pelaksanaan SEA Games 2017, Indonesia masih tertahan di posisi lima dengan raihan 15 medali emas, 17 medali perak dan 32 medali perunggu. Tuan rumah Malaysia masih bertengger di puncak dengan 47 emas, 36 perak dan 30 perunggu.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017