Harga minyak dunia naik karena persediaan AS turun

Harga minyak dunia naik karena persediaan AS turun

Arsip Foto. Petugas keamanan berjaga di kawasan Kilang Minyak V Pertamina Balikpapan di Kalimantan Timur, Kamis (2/7). (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

New York (ANTARA News) - Harga minyak dunia berakhir lebih tinggi pada perdagangan Rabu, setelah persediaan minyak mentah Amerika Serikat (AS) turun untuk minggu kedelapan berturut-turut.

Patokan Amerika Serikat, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober bertambah 0,58 dolar AS menjadi menetap di 48,41 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Oktober naik 0,70 dolar AS menjadi ditutup pada 52,57 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Persediaan minyak mentah AS berkurang 3,3 juta barel pada pekan yang berakhir 18 Agustus menjadi 463,2 juta barel atau 6,0 persen di bawah tingkat setahun lalu menurut data yang dikeluarkan oleh Badan Informasi Energi AS. Data-data juga menunjukkan bahwa stok minyak mentah di pusat pengiriman Cushing, Oklahoma, turun 503.000 barel.

Persediaan minyak mentah Amerika Serikat telah turun secara konsisten dalam beberapa pekan terakhir, sehingga mengurangi kekhawatiran investor tentang kelebihan pasokan global yang kronis.

Sebelumnya, pada pekan yang berakhir 11 Agustus, persediaan minyak mentah AS turun sebesar 8,95 juta barel, hampir tiga kali ekspektasi pasar untuk penurunan 3,1 juta barel menurut laporan Badan Informasi Energi AS yang dikeluarkan pekan lalu.

Selain itu, jumlah rig di Amerika Serikat yang tergolong sebagai pengeboran minyak juga berkurang lima rig menjadi 763 rig dalam pekan yang berakhir 18 Agustus menurut perusahaan jasa ladang minyak Baker Hughes pada Jumat (18/8). (UU.A026)


Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Presiden minta menteri kalkulasi dampak pelemahan harga minyak

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar