Samarinda (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR RI Mahyudin mengapresiasi langkah aparat Kepolisian yang berhasil mengungkap dan menangkap kelompok yang menyebarkan konten berbau SARA di media sosial bernama Saracen.

"Pemerintah terutama aparat penegak hukum harus tegas apabila ada warga yang menyebarkan isu SARA dan yang mengancam persatuan serta kesatuan bangsa," kata Mahyudin usia menghadiri acara sosialisasi Empat Pilar MPR, di Universitas 17 Agustus 1945, Samarinda, Kamis.

Dia menilai aparat hukum bisa langsung menindak tindakan tersebut tanpa perlu menunggu ada laporan pengaduan karena bukan masuk delik aduan.

Namun Mahyudin enggan berspekulasi lebih jauh terkait pihak yang berada dibalik sindikat Saracen tersebut dan menyerahkan sepenuhnya pengungkapan pihak yang menunggangi sindikat meresahkan publik kepada penegak hukum.

"Saya tidak tahu apakah ada pihak yang menunggangi kelompok tersebut, namun aparat bisa menyelidiki secara nenyeluruh dan kalau terbukti ada yang menunggangi harus diproses hukum," ujarnya.

Politisi Partai Golkar itu meyakini sindikat tersebut adalah kelompok yang tidak menginginkan bangsa Indonesia bersatu dan maju karena menginginkan bangsa Indonesia terpecah belah.

Menurut dia, sejak Indonesia merdeka hingga saat ini masih ada pihak-pihak yang menginginkan perpecahan di Indonesia, sehingga aparat hukum harus tegas dan masyarakat ikut bantu waspadai hal tersebut.

(Baca: Pengamat: pemerintah perlu edukasi masyarakat soal medsos)

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017