Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bandung terus mengebut persiapan pelaksanaan karnaval kemerdekaan bertajuk "Pesona Parahyangan" yang akan digelar pada Sabtu, (26/8).

"Persiapan teknis terus dilakukan karena waktunya mepet tapi orang Bandung sudah terbiasa dengan sistem kebut semalam ya," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Taman Sejarah, Kota Bandung, Kamis.

Ia menjanjikan, pelaksanaan karnaval akan meriah. Ribuan warga Bandung dan Jawa Barat diprediksi akan memadati Bandung.

Presiden Joko Widodo sendiri dijadwalkan akan turut berada di tengah-tengah masyarakat mengikuti karnaval. Panitia telah menyiapkan kendaraan hias untuk presiden yang dirancang oleh lima seniman asal Bandung.

"Ada 40 delegasi yang akan tampil. Termasuk Presiden akan mengendarai kendaraan khusus yang didesain oleh seniman Bandung sebagai pembuka dari karnaval," kata dia.

Soal pakaian, Emil mengajak warga Bandung menggunakan pakaian adat atau pakaian nasional. Dengan begitu, suasana Tatar Parahyangan akan semakin terasa. Presiden Jokowi juga rencananya akan mengenakan pakaian adat Sunda.

"Keramaiannya akan sangat luar biasa dan diimbau warga kalau bisa karena semangatnya kebhinekaan, datang pake pakaian tradisional," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017