Amlapura, Bali (ANTARA News) - Pameran produksi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan berbagai jenis menu makanan (kuliner) serta atraksi seni dan budaya memeriahkan Festival Pesona Tirtatangga 2017 di Kabupaten Karangasem, Bali, 24-26 Agustus.

"Festival yang berlangsung di Taman Tirtagangga, Kecamatan Abang selama tiga hari itu menyuguhkan berbagai kegiatan yang unik dan menarik," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem I Wayan Astika selaku ketua panitia festival di Amlapura, Jumat.

Selain pameran, kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) I Gede Adnya Mulyadi, mewakili Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri (24/8) itu juga menyuguhkan atraksi maupun pertunjukan seni khas daerah Karangasem. Ada pula lomba mewarnai tingkat TK/SD.

Selama festival juga digelar lomba "Guiding" khusus Destinasi Wisata Taman Tirtagangga, lomba Merancang Desain Sketsa Cenderamata yang mendukung visi Karangasem sebagai "The Spirit of Bali", Parade Gebogan, dan Parade Bleganjur.

Melalui Festival Pesona Tirtagangga diharapkan mampu memperkenalkan seni dan budaya di Kecamatan Abang dan Karangasem, sekaligus memperkenalkan salah satu objek daya tarik wisata (ODTW) Taman Tirtagangga serta membangkitkan industri kreatif masyarakat Karangasem.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda I Gede Adnya Mulyadi menyatakan, Kabupaten Karangasem memiliki keragaman potensi seni budaya, tradisi dan adat istiadat yang berkembang pada komunitas masyarakat setempat.

Kekayaan budaya menjadi salah satu potensi yang menarik untuk ditawarkan kepada wisatawan dalam dan luar negeri dengan menampilkan berbagai keunikan kesenian, warisan budaya dan peninggalan sejarah yang tidak dimiliki daerah lain.

"Bentuk keragaman seni budaya itu perlu terus digali, dikembangkan dan dilestarikan, sebagai upaya menghindari dari kepunahan seiring dengan perkembangan zaman," ujar Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Dipilihnya Taman Tirtagangga sebagai ajang Festival karena Tirtagangga merupakan salah satu ODTW unggulan yang dimiliki Karangasem, selain erat kaitannya dengan sejarah Kerajaan Karangasem pada masa lampau.

Tirtagangga selama ini dikenal dengan sumber mata airnya yang dijadikan sumber kehidupan untuk "kesukertaan jagat" (kesuburan bumi), karena kata "tirta" bermakna air suci.

"Festival Pesona Tirtagangga itu akan menjadi kegiatan untuk memperkenalkan budaya Karangasem sekaligus ajang promosi objek wisata," ujar Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Ia mengharapkan agar kegiatan tersebut mampu memberikan dampak positif terhadap pembangunan industri pariwisata berbasis budaya di Karangasem, karena pariwisata dan budaya merupakan satu kesatuan yang saling mendukung.

Untuk itu, Pemkab Karangasem akan terus memberikan perhatian dalam membangkitkan pembangunan kepariwisataan, karena sektor itu menjadi salah satu sumber devisa daerah dalam meningkatkan PAD.

"Oleh sebab itu, seluruh komponen pariwisata agar membantu program pemerintah dalam mengembangkan prospek pariwisata yang mengedepankan pelestarian nilai budaya," ujar Bupati.

Pewarta: IK Sutika
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017