London (ANTARA News) - Negara ASEAN secara kesatuan merupakan mitra dagang Norwegia keempat terbesar di sektor barang, dan mitra dagang terbesar ketiga di sektor jasa dan hal ini dapat dilihat pentingnya ASEAN di mata Norwegia.

Hal itu disampaikan Dubes RI untuk Norwegia, Yuwono A Putranto dalam acara resepsi Peringatan Ulang Tahun Emas Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), bertempat di Red Cross Conference Center, Oslo Kamis,24/8 .

Sekretaris Kedua/ PF Pensosbud KBRI Oslo, Dilla Trianti kepada Antara London, Jumat mengatakan para Dubes dan Kepala Perwakilan negara ASEAN, Indonesia, Filipina, Myanmar, Thailand dan Vietnam, tergabung dalam ASEAN Committee in Oslo (ACO), menggelar resepsi peringatan HUT ASEAN ke-50.

Dubes Vietnam, Nguyen Hong Cuong, sebagai Chair/Ketua ACO periode kedua tahun 2017, membuka resepsi dihadiri Dubes dan korps diplomatik, instansi pemerintah, kalangan bisnis, akademisi, jurnalis dan counterpart kedutaan besar anggota ACO lainnya serta Wakil Menteri Luar Negeri Tone Skogen dan Mantan Wamenlu Morten Hoglund.

Dalam sambutannya Dubes Cuong menyampaikan saat ini ASEAN merupakan komunitas bagi sepuluh negara Asia Tenggara yang hidup bersama dalam perdamaian dan kemakmuran. ASEAN merupakan contoh yang baik tentang bagaimana beragam negara dapat hidup bersama dalam kedamaian dan harmoni terlepas dari perbedaan budaya, ras, agama, sistem politik dan pembangunan ekonomi.

Pada kesempatan itu, State Secretary Tone Skogen menyampaikan ucapan selamat kepada ASEAN menginjak usia 50 tahun dan penghargaan yang tinggi atas prestasinya dalam menjaga perdamaian di kawasan. Tone Skogen menyampaikan berkaca kepada kesuksesan ASEAN selama lima puluh tahun terakhir, besar harapan Norwegia untuk ke depannya terus meningkatkan hubungan kemitraan dengan ASEAN. Norwegia akan terus memberikan prioritas yang tinggi kepada kemitraan ASEAN-Norwegia dan salah satu caranya yaitu dengan penunjukan Dubes untuk ASEAN, Morten Hoglund sejak pertengahan tahun 2017.

Sementara itu Dubes RI untuk Norwegia, Yuwono A Putranto menyatakan sejak tahun 2015, ketika Norwegia secara resmi menjadi sectoral dialogue partner ASEAN, baik Norwegia maupun ASEAN semakin meningkatkan hubungan kemitraan dan kerjasama di berbagai bidang. Para Kepala Perwakilan anggota ACO secara aktif mempromosikan ASEAN dan mempererat hubungan dan kerja sama antara ASEAN- Norwegia.

Dalam acara resepsi para tamu undangan disuguhi kuliner khas kelima negara ASEAN, yaitu Sate Ayam dan Pastel dari Indonesia,Pad Thai dan Ayam Goreng khas Thailand, Fried Spring Roll dan Cassave Cake dari Filipina, Mie goreng dan sticky rice cake ala Myanmar dan Fresh Spring Roll serta Green bean cake dari Viet Nam.

ACO terbentuk sejak tahun 2014 secara aktif mengadakan berbagai kegiatan, guna mempromosikan ASEAN serta mempererat hubungan dan kerja sama antara ASEAN- Norwegia.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017