Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional bola basket putra Indonesia berhasil melangkah ke final Pesta Olah Raga Asia Tenggara (SEA Games) ke-29 tahun 2017 di Malaysia, setelah menaklukkan Thailand dengan skor 79-74 pada semifinal, Jumat (25/8).

Pada final yang digelar Sabtu, Indonesia akan berhadapan dengan peraih 17 kali medali emas bola basket putra SEA Games, Filipina, yang pada babak semifinal mengalahkan Singapura dengan skor 68-60.

Dalam laga yang digelar di Stadion Maba, Kuala Lumpur, itu Indonesia membuka laga melalui tembakan tiga angka dari pebasket veteran Mario Wuysang.

Namun, Indonesia sempat tampil tertekan oleh Thailand yang mengandalkan pemain naturalisasi dari Amerika Serikat (AS) Tyler Lamb. Indonesia pun sempat takluk dengan skor 17-12.

Tidak mau terus terdesak, anak-anak asuh pelatih Wahyu Widayat Jati memperbaiki penampilan di babak kedua. Pada 10 menit kedua itu, Indonesia bisa membuat 24 angka, dua kali lipat lebih banyak dari lawannya. Babak kedua pun diakhiri dengan skor 36-29 untuk keunggulan Indonesia.

Selepas jeda paruh pertama, permainan semakin seru. Babak ketiga diawali dengan hujaman bola (dunk) dari pemain Thailand Chanatip Jakrawan.

Setelah itu, Thailand kembali menambah angka melalui tembakan tiga angka Tyler Lamb, dan kemudian dibalas lemparan bola melayang (lay up) pemain Indonesia Arki Dikania Wisnu, sehingga skor menjadi 35-38.

Saling berganti mencetak angka iitu terus berlanjut, tetapi Indonesia tetap terdepan dengan skor 60-52.

Pada babak pamungkas, Indonesia yang sempat kembali tertekan menunjukkan kelasnya sebagai salah satu timnas bola basket putra terbaik di Asia Tenggara dan mampu membuat poin pada saat-saat penting.

Indonesia bahkan sempat tertinggal lima angka 67-62 pada babak akhir, setelah Bandit Lakhan membuat dua angka.

Namun, Diftha Pratama langsung membalas dengan tembakan tiga angka untuk memperkecil perbedaan skor.

Kedua tim saling bergantian memimpin sampai akhirnya tim Tanah Air Hardianus Lakudu berhasil mengeksekusi dua tembakan bebas dengan sempurna pada 14 detik terakhir laga dan membuat skor menjadi 79-74 yang bertahan hingga laga usai.

Mario Wuysang menjadi pencetak poin tertinggi bagi Indonesia pada partai ini dengan 15 poin, empat lemparan masuk dari pantulan pemain lain (rebound) dan empat umpan matang (assist).

Di kubu Thailand, Tyler Lamb menorehkan skor tertinggi dengan 26 poin, tujuh lemparan masuk dari pantulan pemain lain dan tiga umpan matang.

Pertandingan final bola basket putra SEA Games di Malaysia, digelar pada Sabtu mulai pukul 18.15 WIB.

Sebelum laga ini, akan digelar pertandingan Singapura versus Thailand untuk merebut medali perunggu.

Final Indonesia dengan Filipina pernah terjadi saat kedua tim juga berjumpa di final SEA Games 2015, Singapura. Ketika itu, Indonesia harus puas meraih perak karena kalah 72-64 dari Filipina.

Kemudian, Indonesia dan Filipina kembali bertemu pada Kejuaraan Bola Basket Asia Tenggara SEABA 2017 pada Mei 2017.

Dalam kompetisi berformat round robin itu, satu-satunya kekalahan Indonesia terjadi saat melawan Filipina yang menjadi tuan rumah, yaitu dengan skor 97-64.

Filipina yang tidak terkalahkan pun menjadi juara, sementara Indonesia bergelar tim terbaik kedua.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017